Gempa Bumi di LOMBOK TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT, 10-08-2018

Share
By August, 10 2018

Informasi Awal Gempa Bumi di 20 Kecamatan, LOMBOK TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT | 10-08-2018

Informasi Awal Pusat Krisis Kesehatan terhadap bencana Gempa Bumi yang terjadi di 20 kecamatan, yaitu Aikmel,Jerowaru,Keruak,Labuhan Haji,Masbagik,Montong Gading,Pringgabaya,Pringgasela,Sakra,Sakra Barat,Sakra Timur,Sambelia,Selong,Sembalun,Sikur,Sukamulia,Suralaga,Suwela,Terara,Wanasaba, LOMBOK TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT pada tanggal 10-08-2018.

"Telah terjadi gempa susu;an berkekuatan 4.8 SR yang mengguncang Lombok Timur Prov. NTB, Gempa Berpusat Di darat 10 KM Barat Laut Lombok Timur. Gempa Dirasakan Skala MMI : II Mataram, II Lombok Timur "

Dalam data awal yang diperoleh dari dinas kesehatan setempat berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait maka jumlah korban yang dapat diinformasikan adalah sebanyak 0 Orang, terdiri dari 0 orang meninggal, 0 orang hilang, 0 Luka Berat/Rawat Inap , 0 Luka Ringan/Rawat Jalan dan 0 Orang pengungsi.

UPAYA YANG DILAKUKAN

Upaya Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota :

"Melakukan Pemantauan dan Koordinasi dengan lintas sektor Terkait. RSUD Lombok Tengah mengevakuasi pasien ke luar rumah sakit dan membangun tenda lapangan guna melakukan perawatan. Memberikan pelayanan kesehatan di RSUD KLU "

Upaya Dinas Kesehatan Provinsi :

"Melakukan Koordinasi dengan Suku Dinas Kesehatan Kab Lombok Timur Memobilisasi bantuan logistik berupa logistik kesehatan lingkungan, logistik gizi dan obat-obatan."

Upaya Dinas Kesehatan Regional :



Upaya Kemenkes :

"Melakukan Pemantauan dan Membuat laporan Koordinasi dan konfirmasi dampak gempa dengan BNPB dan Dinas Kesehatan Kab Lombok Timur Mengirimkan bantuan bahan habis pakai dar Dit Kesling Mengirimkan Tim Bantuan Keshatan dari UGM, RSUP Sanglah, MDMC, Baznas, dan Puskes TNI Penempatan Tim Bankes dari Yonkes 1 Kotarad di PKM Sembalun. *) Mengirimkan tim ke Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram untuk melakukan pendampingan ke Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Memobilisasi dan mengkoordinasikan pendistribusian tim bantuan kesehatan yang berasal dari instusi pemerintah, lembaga non pemerintah, serta universitas. Memobilisasi bantuan logistik berupa logistik kesehatan lingkungan, logistik gizi dan obat-obatan. Melakukan gelar RS lapangan. Tim pendampingan Kemenkes terus melakukan koordinasi seluruh klaster kesehatan dan PLT Kadinkes selaku koordinator klaster kesehatan untuk sinkronisasi data dan informasi serta pergerakan tim medis. Hari ini rabu 8 agustus Menteri Kesehatan bersama dengan Panglima TNI, Kapolri dan Gubernur NTB melakukan rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat dalam penanganan korban gempa, agar seluruh korban gempa dapat tertangani dengan baik dan proses pemilihan pasca gempa bisa berjalan cepat

Info lebih lanjut hubungi,

Instansi : BMKG
Nama Pelapor :
Jabatan :
No. Telpon :

  • Status Per Tanggal 16-12-2018 Bencana Sudah Tertanggulangi
INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait