Kejadian Luar Biasa (KLB) - Keracunan di BOGOR, JAWA BARAT, 12-03-2019

Share
By March, 14 2019

Informasi Awal Kejadian Luar Biasa (KLB) - Keracunan di 1 Kecamatan, BOGOR, JAWA BARAT | 12-03-2019

Informasi Awal Pusat Krisis Kesehatan terhadap bencana Kejadian Luar Biasa (KLB) - Keracunan yang terjadi di 1 kecamatan, yaitu Cibinong, BOGOR, JAWA BARAT pada tanggal 12-03-2019.

Telah terjadi keracunan makanan di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor pada tanggal 12 Maret 2019 pukul 16.10 WIB, korban mengalami gejala sakit perut, mual, muntah, pusing, demam dan diare. Jumlah populasi 45 orang merupakan kru TV yang sedang melakukan persiapan peliputan acara olah raga di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor. Sebanyak 24 orang mengalami keracunan ditangani RSUD Cibinong yang berasal dari kru TV yang sedang persiapan siaran langsung tayangan program olah raga. Dari jumlah tersebut sebagian besar mengalami gejala mual 96% dan muntah 96%. Jenis makanan yang paling banyak di konsumsi adalah telor ceplok 100 % dan nasi goreng 96%. Attack rate 53% dengan masa inkubasi terpendek 1 jam, masa inkubasi terpanjang 4.5 jam dan rata-rata masa inkubasi 1 jam. Berdasarkan gejala, jenis makanan di konsumsi dan masa inkubasi, kemungkinan penyebab keracunan adalah Bacilus cereus (enteritis), stapilococcus, Escherichia coli dan Vibrio parahaemolyticus. Kandungan lainnya yang dicurigai adalah nitrit, jamur dan timbal.

Dalam data awal yang diperoleh dari dinas kesehatan setempat berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait maka jumlah korban yang dapat diinformasikan adalah sebanyak 24 Orang, terdiri dari 0 orang meninggal, 0 orang hilang, 0 Luka Berat/Rawat Inap , 24 Luka Ringan/Rawat Jalan dan 0 Orang pengungsi.

UPAYA YANG DILAKUKAN

Upaya Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota :

Melakukan pemantauan dan koordinasi dengan Dinkes setempat. Memberikan pertolongan pertama dan mengevakuasi korban keracunan. Penyuluhan langsung tentang hygiene sanitasi makanan. Posko Pelayanan Kesehatan di RSUD Cibinong. Monitoring perkembangan kasus. Pengambilan sampel makanan.

Upaya Dinas Kesehatan Provinsi :

Koordinasi dengan Dinkes Kabupaten Bogor.

Upaya Dinas Kesehatan Regional :



Upaya Kemenkes :

Melakukan pemantauan. Koordinasi dengan Dinkes Kabupaten Bogor.

Info lebih lanjut hubungi,

Instansi : Dinkes Kab. Bogor
Nama Pelapor : Pak Mulyana Adang
Jabatan :
No. Telpon :

  • Status Per Tanggal 19-03-2019 Bencana Sudah Tertanggulangi
INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait