Kejadian Luar Biasa (KLB) - Keracunan di TUBAN, JAWA TIMUR, 12-03-2018

Share
By March, 13 2018

Informasi Awal Kejadian Luar Biasa (KLB) - Keracunan di 1 Kecamatan, TUBAN, JAWA TIMUR | 12-03-2018

Informasi Awal Pusat Krisis Kesehatan terhadap bencana Kejadian Luar Biasa (KLB) - Keracunan yang terjadi di 1 kecamatan, yaitu Palang, TUBAN, JAWA TIMUR pada tanggal 12-03-2018.

Warga Tuban keracunan makanan nasi kotak. Nasi kotak berisi nasi, sayur sop, ayam goreng dan tempe goreng, itu didistribusikan saat lomba PKK di Balai Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang. Dari informasi yang dihimpun detikcom, lomba PKK itu digelar, Senin (12/3/2018). Saat itu para peserta diberi nasi kotak stereofoam. Sore harinya, puluhan warga saat di rumah mengeluh sakit perut dan dibawa ke pukesmas terdekat. Hingga malam, jumlah korban terus bertambah. Bahkan ada yang dirujuk ke RSUD Dr Koesma dan RS Medika Tuban. Kemarin di balai desa itu kita makan nasi kotak, tapi kok sampai di rumah sakit mual dan muntah,"kata salah satu korban, Wiwik saat dirawat di RS Koesma Tuban, Selasa (13/3/2018). Sementara petugas Dinas Kesehatan Kab Tuban langsung turun ke lokasi. Petugas dari Reskrim Tuban dan Dinkes langsung mengamankan sisa makanan untuk sampel pemeriksaan di laboratorium. Yang jelas awalnya warga ini ada kegiatan di balai desa, terkait keracunan apa kita tunggu hasil pemeriksaan sampel makanan.

Dalam data awal yang diperoleh dari dinas kesehatan setempat berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait maka jumlah korban yang dapat diinformasikan adalah sebanyak 70 Orang, terdiri dari 0 orang meninggal, 0 orang hilang, 30 Luka Berat/Rawat Inap , 40 Luka Ringan/Rawat Jalan dan 0 Orang pengungsi.

UPAYA YANG DILAKUKAN

Upaya Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota :

Melakukan Penyelidikan Epidemiologi Memberikan yankes kpd korban di PKM Palang, RSUD dr Koesma, RS Medika Mengirimkan Sampel Makanan ke Labkesda Surabaya

Upaya Dinas Kesehatan Provinsi :

Melakukan Koordinasi dg Dinkes Kab Tuban

Upaya Dinas Kesehatan Regional :

-

Upaya Kemenkes :

Melakukan Pemantauan dan Membuat laporan

Info lebih lanjut hubungi,

Instansi : Dinkes Kab Tuban Pak Bary
Nama Pelapor :
Jabatan :
No. Telpon :

  • Status Per Tanggal 23-06-2018 Bencana Sudah Tertanggulangi
INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait