ANGIN PUTING BELIUNG DAN BANJIR MELANDA KAB. KENDAL PROVINSI JAWA TENGAH

Share
By February, 15 2009
ANGIN PUTING BELIUNG DAN BANJIR MELANDA	KAB. KENDAL PROVINSI JAWA TENGAH

Bencana Angin Puting Beliung dan Banjir yang melanda Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah yang mengakibatkan 1 orang meninggal dunia akibat banjir.

Pada tanggal 5 Februari 2009 sore hari terjadi angin puting beliung di desa Sidorejo Kecamatan Brangsong dan Kecamatan Sukorejo yang merusak atap rumah warga. Sebanyak 125 rumah rusak akibat bencana tersebut.

Pada tanggal 8 - 11 Februari 2009 terjadi bencana banjir di Kecamatan Kendal, Kecamatan Ngampel, Kecamatan Brangsong, Kecamatan Patebon, dan Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal akibat hujan yang turun terus menerus selama seharian sehingga menyebabkan tanggul jebol. Jumlah penduduk terancam sebanyak 170.414 jiwa.

Kejadian tersebut mengakibatkan korban meninggal dunia 1 orang akibat banjir di Kecamatan Brangsong, tidak ada korban luka berat maupun luka ringan. Terjadi pengungsian sebanyak 116.006 jiwa akibat banjir. Sarana kesehatan yang rusak akibat banjir sebanyak 3 puskesmas dengan rincian 1 puskesmas di Kecamatan Kendal, 2 puskesmas di Kecamatan Brangsong.

Jajaran kesehatan setempat telah mengevakuasi korban, mendirikan Pos Kesehatan, memberikan pelayanan kesehatan, melakukan pemantauan di lokasi bencana, memberikan bantuan (MP-ASI biskuit dan bubur, mi kremes, dan obat-obatan), melakukan kaporitisasi, dan mengadakan penyuluhan di tiap desa/kelurahan yang terkena banjir.

Hingga saat ini permasalahan Kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat. Pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, PPK Regional Jawa Tengah dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait