Penanggulangan Bencana Bisa Di jadikan Sebagai Sumber ilmu pengetahuan

Share
By Staff PKK February, 13 2016 Intermezo
Penanggulangan Bencana Bisa Di jadikan Sebagai Sumber ilmu pengetahuan

Sebagian besar wilayah indonesia pernah di terpa bencana alam. Berbagai bencana alam pernah terjadi di indonesia baik dalam skala kecil ataupun besar. sebenernya, bencana alam yang terjadi di indonesia bisa di jadikan sebagai pembelajaran dan sumber ilmu pengetahuan bagi masyarakat indonesia dan pengambil kebijakan. Namun nyatanya, dari setiap bencana yang terjadi tidak serta bisa membawa dampak bagi proses lanjutan penanggulangan bencana menjadi lebih baik bahkan bisa sebaliknya. Dari setiap bencana yang terjadi, baik pemerintah ataupun masyarakat masih belum bisa menunjukan ke arah yang baik. Hal tersebut di sampaikan secara langsung oleh Pakar Psikologi Sosial UGM, Dr. Rahmat Hidayat.

Beliau menjelaskan, bahwa bencana yang terjadi di indonesia dan penanggulangan bencana nya masih minim di ikuti dengan kajian riset, dokumentasi, bahkan dipublikasikan dalam bentuk buku. Karena jika bencana yang terjadi di pubilkasikan dalam bentuk dokumentasi dan kajian rise ini tentu akan menjadi sumber pengetahuan dan menjadi bekal dalam menghadapi bencana di masa yang akan datang. Selain itu juga beliau menjelaskan, pemerintah harusnya bisa membuat atau membangun sebuah penanda atau pengingat berupa monumen yang didirikan di area yang pernah terkena bencana” ujarnya”.

Seperti negara di jepang, yang membuat monumen setelah terjadi bencana, seperti bencana yang melanda jepang, pemerintah jepang membangun sebuah monumen di lokasi yang terkena dampak tsunami, penanda yang di buat pemerintah jepang juga berisi papan informasi tersebut bisa mengingatkan warga terhadap risiko bencana tsunami. Selain itu dalam penanda tersebut di jelaskan resiko yang terjadi akibat tsunami. Yang di lakukan jepang seharusnya bisa di ikuti oleh indonesia untuk membuat monumen terkait bencana yang terjadi

Indonesia memiliki penanda bencana bagi masyarakat, seperti yang sudah di jelaskan oleh Kepala Bidang Informasi dan Evaluasi, Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes, M. Kamaruzzaman, beliau mengatakan bahwa 80% bencana bisa diprediksi. Namun, keberhasilan penanggulangan setiap bencana tergantung dari kesiapan pemerintah dan masyarakat.. :ujarnya”. namun langkah utama adalah melakukan koordinasi terkait bencana yang terjadi antar instansi yang berwenang dalam penaggulangan bencana yang terjadi di daerah.

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait