Pendampingan Penyusunan Rencana Kontijensi Bidang Kesehatan Kab/Kota Tahun 2018

Share
By Julianto Prabowo December, 14 2018 Kegiatan Pusat Krisis Kesehatan
Pendampingan Penyusunan Rencana Kontijensi Bidang Kesehatan Kab/Kota Tahun 2018

Indonesia merupakan negara rawan bencana, sehingga pantaslah jika Indonesia mendapat julukan laboratorium bencana dan saat ini paradigma dalam upaya penanggulangan bencana lebih dititik beratkan pada upaya prabencana dengan melakukan beberapa kegiatan terkait pengurangan Risiko bencana yang diantaranya seperti peningkatan kapasitas, peringatan dini, mitigasi dan kesiapsiagaan. Salah satu upaya kesiapsiagaan adalah melakukan penyusunan  rencana kontijensi.

 

Berdasarkan hal tersebut, Pusat Krisis Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Pendampingan Penyusunan Rencana Kontijensi Bidang Kesehatan di Hotel Mercure Nusa Dua Bali pada 12 – 15 Desember 2018. Peserta berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Jawa Barat, Sumatera Utara dan peserta dari Kabupaten/Kota diantaranya Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Bogor dan Kota Bogor. Dimana peserta berasal dari Dinas Kesehatan, RSUD, BPBD dan TNI. Tujuan kegiatan ini untuk menyusun rencana kontijensi lingkup klaster kesehatan dengan melibatkan lintas sektor sebagai upaya pengurangan risiko bencana pada saat tanggap darurat.

 

Narasumber dan fasilitator dalam kegiatan ini berasal dari Pusat Krisis Kesehatan dan TNI. Kepala Pusat Krisis Kesehatan dr. Achmad Yurianto memberikan materi Kebijakan Penanggulangan Krisis Kesehatan. Selain itu Kepala Bidang Pencegahan, Mitigasi, Kesiapsiagaan menjelaskan terkait Penyusunan Rencana Kontijensi. Selanjutnya Nurul Anam dari Pusdikkes Kodiklat TNI AD memberikan materi terkait Penyusunan Peta Respon.

 

Lihat Foto Kegiatan Disini

 

Unduh Materi Disini

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait