Tips Melindungi Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

Share
By Staff PKK December, 06 2016 Tips Siaga Bencana
Tips Melindungi Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

Gempa Bumi bisa terjadi kapan saja tanpa diduga, oleh karena itu perlu pengetahuan bagi anda bagaimana yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi, berikut adalah tips dan cara yang dapat anda lakukan kala terjadi gempa bumi.

1. Segera lari keluar rumah atau bangunan, jika berada di dalam gedung perhatikan instruksi kedaruratan yang ada, patuhi arahan dan petunjuk petugas yang berwenang jika ada di tempat kejadian.

2. Hewan biasanya akan memiliki insting tersendiri saat terjadi bencana seperti contohnya gempa bumi. Biasanya hewan akan meringkuk secara alami. Kita dapat mengikutinya dengan cara bertahan hidup di daerah yang sempit, anda bisa mengambil berbagai posisi di samping suatu benda misalnya seperti sofa yang masih bisa menyisakan ruang kosong di sampingnya.

3. Bangunan yang terbuat dari kayu pada umumnya adalah tipe bangunan yang tahan terhadap gempa, karena tekstur kayu yang lentur ini sendiri dan bisa bergerak karena ayunan gempa. Jika bangunan dari kayu runtuh sekalipun, masih ada ruangan kosong yang aman akan terbentuk. Jika bangunan dari batu bata runtuh maka fondasi akan hancur berkeping keping sehingga rentan menimbulkan luka.

4. Jika saat terjadi gempa kita sedang berada di tempat tidur, maka anda bisa segera berguling ke samping tempat tidur anda. Ruangan kosong yang aman akan terdapat di tempat tidur.

5. Jika saat terjadi gempa kita tidak bisa keluar dari jendela atau melalui pintu maka anda bisa berbaring di sebelah kursi atau sofa yang ada.

6. Tidak berada di belakang pintu saat terjadi gempa, saat gempa besar yang kemungkinan meruntuhkan bangunan sangat besar terjadi, belakang pintu adalah daerah yang rawan karena bisa saja pintu tersebut akan rubuh kedepan atau kebelakang anda, dan langit langit akan menimpa tubuh karena rubuhnya pintu tadi.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan saat terjadi gempa bumi, kita harus tetap waspada dimanapun kapanpun terutama di daerah yang memang sering dilanda gempa bumi, pelajari ruang evakuasi anda saat terjadi gempa, latihlah anggota keluarga dengan baik saat terjadi gempa agar mengurangi resiko akibat bencana gempa bumi.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait