AKTIVITAS GUNUNG MERAPI MENINGKAT, SIAGA DIBERLAKUKAN

Share
By April, 17 2006
AKTIVITAS GUNUNG MERAPI MENINGKAT, SIAGA DIBERLAKUKAN

Gunung Merapi di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah menunjukkan peningkatan aktivitas, ditandai dengan adanya gempa yang berulang kali sehingga menyebabkan pembengkakan kubah kawah mencapai 3 meter. Hingga saat ini belum ada permasalahan kesehatan yang ditimbulkan, namun masyarakat diminta untuk siaga dan Siaga diberlakukan di daerah tersebut.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemda setempat, Dinkes Kab. Magelang, Satlak Kab. Magelang, PMI dan Departemen Kesehatan.

Satlak Kabupaten Magelang telah melaksanakan gladi lapangan yang dipimpin langsung oleh Bupati Magelang pada tanggal 17 April 2006 pukul 10.00 WIB. Pesertanya yang terdiri dari Bakorwil Kedu, Danrem Kedu, Kapolwil Kedu, Aparat Pemda setempat dan Dinkes Kab. Magelang, Dandim Magelang dan Kapolres Magelang.

Dinkes Kab. Magelang membentuk Tim Kesehatan dengan melibatkan tenaga dari Puskesmas yang ada di Kab. Magelang dengan didukung Puskesling di masing-masing Puskesmas yang berjumlah 29 unit Puskesmas berikut petugas kesehatan serta menyiagakan Puskesmas 24 jam yang dekat dengan daerah bencana. Beberapa RS disiagakan untuk menjadi tempat rujukan yaitu RSUD Muntilan, RSU Tidar Magelang, RS Tentara Magelang dan RSU Sleman.

Departemen Kesehatan memberikan bantuan berupa 1 unit tenda Posko Lapangan, 1 unit genset portable, 30 buah velbed lipat, 1 set minor surgery, 9 buah spanduk Poskes, 2 unit HT UHF/UHV, 16 kotak masker 3M (320 buah), 100 buah kantong mayat dan 10.000 buah masker yang didistribusikan ke Dinkes Kab. Magelang, Puskesmas Kec. Dukun dan Puskesmas Kec. Srumbung.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait