Apa Penyebab Banjir Dan Longsor di Arfak, Papua?

Share
By Staff PKK May, 02 2016 Intermezo
Apa Penyebab Banjir Dan Longsor di Arfak, Papua?

Bencana Banjir dan longsor memang menjadi ancaman bagi masyarakat indonesia. saat ini bencana banjir dan tanah longsor melanda Kawasan pelosok Indonesia yaitu di Pegunungan Arfak, Papua Barat. Kejadian banjir dan longsor tersebut terjadi akaibat anomali cuaca, yang dimana harusnya sudah memasuki musim kemarau namun hujan deras masih muncul, dan hal inii terjadi pada pergantian musim yang di tandai dengan maraknya kemungkinan terbentuknya badai dan hujan deras namun dengan durasi yang singkat.

Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Papua Barat, sehingga memicu terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. Hujan deras di Pegunungan Arfak ini terjadi selama 2 hari berturut turut Imbas dari hujan deras ini, longsor menerjang sejumlah titik di Pegunungan Arfak. Longsor terjadi di wilayah Distrik Hing dan Kampung Demaisi, kemudian longsor berikutnya juga terjadi di Apui, Distrik Minyambau Pegunungan Arfak.

Tanah longsor ini mengakibatkan jalur transportasi darat yang menghubungkan antara Manokwari dan Pegunungan Arfak Terputus Total, sebab satu satunya jalan utama ini tertimbun material longsor. Batu besar dan tanah yang longsor dari tebing curam menutupi ruas jalan sehingga makin menyulitkan. bencana longsor di Distrik Hink, Pegunungan Arfak ini menerjang pemukiman warga yang dihuni oleh ratusan sampai ribuan masyarakat pedalaman Papua Barat. Yang menjadi salah satu penyebab utama adalah karena intensitas hujan yang tinggi, selain itu kawasan ini masih di kelilingi oleh tebing yang memiliki kerentanan terahdap longsor.

 

Sumber : http://blog.act.id/ketika-banjir-dan-longsor-terjang-arfak-papua-barat/

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait