Aplikasi Komunikasi Tanggap Bencana Semakin Dikembangkan

Share
By Staff PKK August, 01 2016 Intermezo
Aplikasi Komunikasi Tanggap Bencana Semakin Dikembangkan

Semakin seringnya terjadi bencana di indonesia tentu ini harus bisa di atasi. Salah satunya adalah dengan peningkatan tanggap bencana. Saat ini yang sedang di kembangkan adalah Aplikasi komunikasi tanggap bencana. dalam mengembangkan aplikasi ini, Universitas Gajah Mada Dan Osaka University mengadakan riset bersama. Aplikasi ini di rancang untuk bisa membantu masyarakat dalam melaporkan setiap kejadian darurat baik bencana atupun Teroris. Aplikasi ini di beri nama Cared Wide-view Disaster Information Prediction System atau CARED. Dalam proses pengembangan aplikasi ini melibatkan peneliti dan mahasiswa dari UGM dan Osaka University.

Tujuan di buatnya aplikasi ini adalah sebagai informasi saat terjadi darurat bencana ataupun darurat teroris. Aplikasi ini juga memiliki fitur perekam suara, aplikasi ini mampu merekam suara dari sumber informasi selama 10 detik sehingga bisa di sebarkan kepada masyarakat, selain itu data yang dihasilkan dari aplikasi ini dapat membantu dalam kebijakan penanggulangan darurat bencana. aplikasi riset dari kedua universitas tersebut juga di harapkan akan semakin terus berkembang. Karena aplikasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

UGM menjalin kerjasama dengan Osaka University bukan hanya pada riset teknologi informasi saja namun juga berjalan terhadap riset bioteknologi. Osaka University sudah menjadi Partner Strategis dalam riset bidang bencana, teknologi dan bioteknologi.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait