Aplikasi yang Perlu Dimiliki Ketika Terjadi Bencana

Share
By Webmaster December, 02 2017 Intermezo
Aplikasi yang Perlu Dimiliki Ketika Terjadi Bencana

Wilayah Indonesia memiliki kerawanan bencana cukup tinggi. Beberapa daerah bahkan pernah  mengalami bencana besar yang menelan banyak korban jiwa. Seperti bencana banjir dan tanah longsor yang hampir sering terjadi di wilayah Indonesia. Oleh sebab itu masyarakat harus waspada terhadap bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Dengan teknologi yang sudah semakin canggih saat ini, berbagai macam informasi mengenai bencana alam sudah bisa diketahui oleh masyarakat melalui aplikasi yang ada pada smartphone. Saat ini sudah ada beberapa aplikasi mulai dari peringatan bencana, sumber bencana, cara penanganan bencana hingga pertolongan bencana yang bisa dilihat melalui smartphone.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang perlu dimiliki ketika menghadapi bencana alam :

Aplikasi Siaran Radio

Informasi menjadi sesuatu yang sangat berharga ketika menghadapi bencana. Radio sebagai medium informasi memiliki peranan penting ketika dalam situasi tersebut. Kita bisa mengunduh aplikasi radio, ada baiknya aplikasi radio yang memuat siaran lokal, seperti RRI misalnya. Sebab melalui radio nantinya kita mengetahui berbagai macam informasi terkait bencana dan juga mendapatkan pengumuman resmi dari pemerintah atau badan terkait bencana yang dihadapi secara real-time.

Aplikasi BMKG

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki aplikasi tersendiri yang diperuntukan untuk masyarakat luas. BMKG merupakan lembaga yang bertanggung jawab terkait informasi mengenai cuaca di Indonesia. Namun dalam aplikasinya tidak menampilkan mengenai cuaca saja, Dalam aplikasi mereka, terdapat beberapa fitur yang memuat informasi soal cuaca bandara, titik gempa terbaru, cuaca maritim, dan kualitas udara suatu kota.

Zello, Aplikasi Walkie-Talkie

Ketika terjadi bencana badai Harvey dan Irma yang menerjang wilayah Amerika Serikat, Zello disebut sebagai aplikasi yang populer ketika bencana itu terjadi. Aplikasi ini memiliki beberapa fungsi, sebagai alat komunikasi seperti walkie-talkie dan sebagai radio dua arah. Aplikasi ini juga punya fitur kanal yang menjadi tempat para pengguna berbagi informasi kebencanaan yang mereka alami. Yang menjadi keunggulan dari aplikasi ini adalah masih bisa digunakan walaupun sinyal dalam ponsel melamh.

Siaga Bencana

Aplikasi Siaga Bencana merupakan aplikasi khusus untuk menghadapi berbagai macam bencana yang diluncurkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI). Melalui aplikasi tersebut masayrakat bisa memahamai langkah tindakan sebelum dan ketika terjadi bencana. Aplikasi ini lebih menyerupai tutorial dan alat bantu perencanaan sebelum bencana melanda

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait