BANJIR BANDANG DAN ANGIN PUTING BELIUNG DI BOJONEGORO

Share
By March, 31 2008
BANJIR BANDANG DAN ANGIN PUTING BELIUNG DI BOJONEGORO

Pada Tanggal 29 Maret 2008 Bencana Banjir Bandang dan Angin Puyuh terjadi Kabupaten Bojonegoro Provinsi jawa Timur. Baca selanjutnya...

Bencana Banjir Bandang dan Angin Puyuh terjadi Kabupaten Bojonegoro Provinsi jawa Timur. Tanggal 29 Maret 2008 banjir bandang dengan ketinggian air + 1 meter menghantam Dusun Sugihan, Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. Banjir bandang tersebut terjadi karena meluapnya air sungai di Dusun Sugihan, Desa Kedungsumber yang tidak dapat menampung jumlah air yang terlalu banyak dan mengakibatkan sebanyak 5 unit rumah rusak berat dan 22 unit rumah rusak ringan. Jumlah penduduk yang berisiko sebanyak 3.547 orang. Adapun bencana  angin puyuh terjadi pada tanggal yang sama sekitar pukul 20.00 WIB - 23.00 WIB di Dusun Tretes, Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. Angin puyuh tersebut mengakibatkan sebanyak 54 unit rumah rusak. Jumlah penduduk yang berisiko sebanyak 250 KK.

Sumber air bersih yang tercemar akibat banjir bandang tersebut sebanyak 27 unit sumur meskipun demikian tidak dilaporkan adanya korban meninggal dunia, yang dirawat inap, maupun yang dirawat jalan.

Jajaran Kesehatan setempat telah membukan Pos Kesehatan di lokasi banjir bandang, Memberi pelayanan kesehatan kepada korban banjir bandang, Melaksanakan surveilans epidemiologi penyakit potensial wabah, Melaksanakan Rapid Health Assessment, Melakukan pemantauan untuk mengetahui perkembangan, dan melaksanakan rencana tindak lanjut yaitu melaksanakan surveilans epidemiologi penyakit potensial wabah pasca banjir bandang, melaksanakan kaporitisasi sumber air di lokasi banjir bandang dan melanjutkan pelayanan kesehatan.

Saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat dan Pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, PPK Regional Jawa Timur dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait