BANJIR DI JEMBER DAN 1 DESA TERENDAM BANJIR DI KAB. LUMAJANG JATIM

Share
By February, 03 2009
BANJIR DI JEMBER DAN 1 DESA TERENDAM BANJIR DI KAB. LUMAJANG JATIM

1000 orang lebih mpengungsi akibat banjir di jember dan 1 desa terendam banjir di kab lumajang jatim.

Tanggal 30 31 Januari 2009 telah terjadi banjir bandang di 5 desa pada Kecamatan Patrang, Panti, Kencong dan Kaliwates, Kabupaten Jember, Provinsi Jaw Timur. Banjir bandang akibat hujan yang deras selama 2 hari tersebut mengakibatkan sebanyak 5 desa, 651 unit rumah, 3 unit tempat ibadah dan 3 unit balai desa terendam. Jumlah penduduk yang terancam sebanyak 2.283 orang.

Kemudian tanggal 1 Februari 2009 pukul 24.00 WIB telah terjadi banjir di Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Banjir tersebut terjadi karena luapan Sungai Jatiroto dan Kalibanter. Banjir tersebut mengakibatkan 1 desa terendam dan sumber air bersih yang tercemar sebanyak 1.767 unit. Tidak ada korban meninggal dunia, luka berat dan luka ringan.

Tidak ada korban meninggal dunia, luka berat dan luka ringan, Terjadi pengungsian sebanyak 1.250 orang di Kabupaten Jember, dan Tidak ada sarana kesehatan yang rusak.

Jajaran kesehatan setempat telah melakukan evakuasi korban, mendirikan Pos Kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan (dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang mendirikan Pos Kesehatan di Persil Kalibanter dan Pustu Sidorejo), Melakukan kegiatan kaporitisasi, penyuluhan dan surveilans epidemiologi, melakukan pemantauan di lokasi bencana.

PPK Regional Jawa Timur telah mengirimkan bantuan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Jember berupa kaporit 5 phil, PAC 20 kg, desinfektan 40 jirigen, MP-ASI bubur dan biskuit 100 koli, 1 unit perahu karet dan 10 buah velbed serta simulasi operasional perahu karet, dan akan mengirimkan bantuan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang berupa MP-ASI bubur dan biskuit 200 koli, kaporit 5 phil, PAC 20 kg dan desinfektan 40 jirigen.

Saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat dan pemantauan terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, PPK Reg. Jawa Timur dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait