Banjir di Kabupaten Aceh Jaya

Share
By October, 07 2010
Banjir di Kabupaten Aceh Jaya

Perkembangan permasalahan kesehatan akibat banjir di Kabupaten Aceh Jaya serta upaya penanggulangannya berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya dan Dinas Kesehatan Provinsi Aceh tanggal 8 Oktober 2010 sampai pukul 11.30 WIB adalah sebagai berikut :

Pada tanggal 5 Oktober 2010 pukul 04.00 WIB telah terjadi banjir di Kecamatan Kr. Sabee (8 desa), Kecamatan Panga (11 desa), Kecamatan Setia Bakti (4 desa), Kecamatan Teunom (20 desa) dan Kecamatan Sampoiniet (6 desa). Jumlah penduduk terancam sebanyak 31.825 orang (9.373 KK).

Pada kejadian ini tidak ada korban meninggal dunia, luka berat dan luka ringan dan tidak ada sarana kesehatan yang rusak.

Terjadi pengungsian sebanyak 7.922 orang (2.202 KK) yang ditampung di rumah ibadah, rumah saudara dan dataran yang tinggi dengan jumlah kelompok rentan bayi sebanyak 209, balita sebanyak 1.025, ibu hamil sebanyak 236, ibu menyusui sebanyak 442 dan lansia sebanyak 1.012. Jumlah kunjugan rawat jalan di pos kesehatan sebanyak 31 orang.

Jajaran kesehatan setempat telah mengirimkan Tim RHA ke lokasi bencana, mendirikan Pos Kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan, elakukan pemantauan di lokasi bencana

Rencana tindak lanjut yang akan dilakukan adalah kaporisasi sumur, pembagian kelambu, penyemprotan serta monitoring dan evaluasi.

Bantuan yang dibutuhkan perahu karet, alat transportasi, alat komunikasi dan biaya operasional.

Saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat dan pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya, Dinas Kesehatan Provinsi Aceh dan Pusat Penanggulangan Krisis Kementerian Kesehatan.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait