BANJIR DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Share
By January, 08 2009
BANJIR DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Pada tanggal 8 Januari 2009 pukul 11.00 WITA telah terjadi banjir di 18 desa di 6 kecamatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pada tanggal 8 Januari 2009 pukul 11.00 WITA telah terjadi banjir di 18 desa di 6 kecamatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Banjir terjadi karena tingginya curah hujan yang turun dalam waktu yang cukup lama sehingga Sungai Amandit tidak mampu menampung luapan air. Jumlah penduduk yang berisiko sebanyak 7.621 orang (1.063 KK). Banjir tersebut mengakibatkan 10 unit rumah hancur, 10 unit rumah rusak berat, 1 unit jembatan putus dan sebagian jalan tidak bisa dilalui kendaraan karena terendam air.

Dalam kejadian ini terdapat korban rawat inap sebanyak 1 orang dan korban rawat jalan sebanyak 4 orang. Belum dilaporkan adanya korban jiwa maupun pengungsian.

Jajaran Kesehatan setempat telah memberikan pelayanan kesehatan dan membentuk Pos Kesehatan, melakukan surveilans ketat, melakukan penyuluhan kesehatan, dan melakukan pengamatan terhadap lokasi banjir akan kemungkinan terjadinya Kejadian Luar Biasa, khususnya penyakit menular.

Saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat dan pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan, PPK Regional Kalimantan Selatan dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait