Banjir di Kabupaten Kutai Kertanegara Provinsi Kalimantan Timur tanggal 9 April 2011

Share
By April, 14 2011
Banjir di Kabupaten Kutai Kertanegara Provinsi Kalimantan Timur tanggal 9 April 2011

Pada tanggal 9 April 2011 pukul 05.30 WITA telah terjadi banjir yang diakibatkan oleh hujan lebat di 5 desa di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Pada tanggal 9 April 2011 pukul 05.30 WITA telah terjadi banjir yang diakibatkan oleh hujan lebat di 5 desa di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kertanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Banjir dengan ketinggian + 3 m tersebut menggenangi rumah penduduk hingga mencapai atap rumah dan banyak penduduk yang kehilangan harta bendanya. Jumlah penduduk terancam sebanyak 8.267 jiwa (1.985 KK).

Akibat peristiwa tersebut tidak ada korban meninggal, luka berat, hilang serta tidak terjadi pengungsian. Terdapat korban luka ringan sebanyak 3 orang.

Jajaran kesehatan setempat telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan lintas sektor. Melakukan penilaian cepat kesehatan (RHA). Mendirikan Pos Kesehatan serta memberikan pelayanan kesehatan di Pos Kesehatan dan Puskesmas. Dan melaksanakan Surveilans Epidemiologi penyakit untuk mewaspadai timbulnya penyakit.

Hingga saat ini keadaan di lokasi bencana sudah normal, dan sarana prasarana sudah dapat berfungsi kembali.

Jajaran kesehatan setempat melakukan monitoring penyakit sampai 7 hari pasca bencana banjir, melakukan inventarisasi logistik untuk kebutuhan obat terhadap penyakit yang dikhawatirkan akan berdampak luas pasca banjir (misal penyakit ISPA, kebutuhannya antara lain : salep kulit, infus, obat-obatan dan lain-lain dalam rangka kesiapsiagaan pasca bencana seperti : abate, cinoff, swing fog, dll).

Pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Kertanegara, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur serta Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait