Banjir di Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB tanggal 6 Maret 2011

Share
By March, 14 2011
Banjir di Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB tanggal 6 Maret 2011

Pada tanggal 6 Maret 2011 pukul 15.00 s/d 17.30 WITA telah terjadi banjir di 2 dusun di Desa Brang Kolong (Dusun Kolong dan Dusun Unter Lestari), Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Pada tanggal 6 Maret 2011 pukul 15.00 s/d 17.30 WITA telah terjadi banjir di 2 dusun di Desa Brang Kolong (Dusun Kolong dan Dusun Unter Lestari), Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat. Banjir dengan ketinggian air + 1,5 m disebabkan oleh turunnya hujan yang terus menerus selama satu malam hingga mengakibatkan 1 rumah rusak berat, 1 rumah rusak sedang dan 5 rumah rusak berat.

Peristiwa tersebut tidak mengakibatkan adanya korban meninggal, tetapi terdapat korban luka ringan sebanyak 2 orang. Tidak ada sarana kesehatan yang rusak dan tidak terjadi pengungsian.

Jajaran kesehatan setempat telah menyiagakan Poskes di Puskesmas Plampang, mempersiapkan mobil ambulance puskesmas untuk pelayanan rujukan dan pelayanan mobile, melayani pemeriksaan dan pengobatan kesehatan masyarakat (termasuk kuunjungan rumah), melakukan kegiatan pelayanan kesehatan di Pos Kesehatan dan Rumah Sakit, mengirim logistik kesehatan berupa obat-obatan ke Desa Brang Kolong untuk persiapan pasca banjir, melakukan kaporisasi dan abatisasi di 21 sumur di Desa Brang Kolong, serta melakukan penyuluhan PHBS sebagai bentuk kewaspadaan dini terhadap penyakit potensial wabah.

Hingga saat ini air telah surut dan permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat.

Pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait