BANJIR DI KATINGAN

Share
By September, 10 2008
BANJIR DI KATINGAN

Pada tanggal 4 September 2008 telah terjadi banjir dengan ketinggian air 0,5 2 meter di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah.

Pada tanggal 4 September 2008 telah terjadi banjir dengan ketinggian air 0,5 2 meter di Kecamatan Katingan Hulu, Kecamatan Marikit, Kecamatan Sanaman Matikei, Kecamatan Katingan Tengah, Kecamatan Pulau Malan, Kecamatan Tewang Sanggalang Garing, Kecamatan Katingan Hilir, Kecamatan Tasik Payawan, dan Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Banjir tersebut terjadi karena meningkatnya frekuensi turun hujan sehingga air Sungai Katingan meluap dan mengakibatkan rumah penduduk, gedung sekolah, kebun dan sawah milik masyarakat terendam.

Akibat kejadian terdapat korban rawat jalan sebanyak 97 orang, dengan jenis penyakit adalah Disentri Bacillus Amuba, ISPA, gatal-gatal, dan lain lain. Tidak dilaporkan adanya korban meninggal maupun rawat inap.

Jajaran kesehatan setempat telah mengevakuasi korban, membentuk Pos Siaga Bencana di Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan, menginstruksikan kepada semua petugas di Puskesmas Induk, Pustu, dan Polilndes untuk mendirikan Pos Kesehatan dan memberikan pelayanan kesehatan serta berkoordinasi dengan lintas terkait, dan mempersiapkan obat-obatan.

Permasalahan kesehatan hingga saat ini masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat dan pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait