BANTUAN OBAT-OBATAN, MP ASI DAN TENAGA KESEHATAN SIAP DIBERANGKATKAN KE PAPUA BARAT

Share
By January, 03 2009
BANTUAN OBAT-OBATAN, MP ASI DAN TENAGA KESEHATAN SIAP DIBERANGKATKAN KE PAPUA BARAT

Gempa susulan masih terus mengguncang Kab. Manokwari, Kota Sorong dan Kab. Sorong Prov. Papua Barat serta Kab. Biak Prov. Papua.Untuk membantu pelayanan kesehatan di lokasi bencana, berbagai bantuan telah siap diberangkatkan.

Gempa susulan masih terus mengguncang Kab. Manokwari, Kota Sorong dan Kab. Sorong Prov. Papua Barat serta Kab. Biak Prov. Papua. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi dan dan Geofisika, sejak gempa pertama pada hari Minggu (4/1) pagi dini hari pukul 02.43 WIB hingga siang hari pukul 15.00 WIB telah terjadi 34 kali gempa bumi tektonik. Kekuatan gempa berkisar antara 5,0 hingga 7,6 skala richter. Gempa yang terbesar dirasakan di Kab. Manokwari dan Sorong sebesar V VI Modified Mercally Intensity (MMI) dan di Kab. Biak Numfor sebesar II III MMI.

Hingga Minggu (4/1) pukul 15.00 tercatat korban meninggal sebanyak 2 orang dan korban luka berat sebanyak 11 orang dengan rincian 4 orang dirawat di RSUD Manokwari, 3 orang di RSAL Manokwari dan 4 orang dirujuk ke RSUD Kab. Sorong. Sedangkan korban luka ringan sebanyak 38 orang dengan rincian 30 orang di Kab. Manokwari dan 8 orang di RS Sele Be Solu Kota Sorong. Pengungsian terjadi di Kab. Manokwari sebanyak 3.200 orang.

Selain menyebabkan jatuhnya korban, gempa juga menyebabkan kerusakan beberapa sarana kesehatan. Di antaranya bangunan RSUD Manokwari rusak ringan. Selain itu gudang obat di RS Sele Be Solu Kota Sorong roboh serta gedung RS tersebut mengalami keretakan.

Untuk membantu pelayanan kesehatan di lokasi bencana, berbagai bantuan telah siap diberangkatkan. Minggu malam rencananya PPK Regional Makassar akan mengirimkan tim kesehatan yang beranggotakan sebanyak 7 orang, yaitu terdiri dari 2 dokter spesialis ortopedi, 1 dokter spesialis bedah, 1 dokter spesialis anestesi, 1 dokter spesialis penyakit dalam dan 2 paramedis. Sedangkan Senin pagi (5/1) Departemen Kesehatan melalui Pusat Penanggulangan Krisis akan mengirimkan 2 orang dokter serta bantuan berupa 2 ton MP ASI biskuit, 2 ton obat-obatan paket gempa bumi, 2 box lidocain injeksi dan 10 buah flowmeter oksigen ke Dinkes Prov. Papua Barat. Bersama dengan Tim Depkes tersebut, diberangkatkan juga tenaga kesehatan dari Bulan Sabit Merah yaitu 1 dokter dan 1 perawat .

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait