Dampak Siklon Tropis

Share
By Webmaster January, 07 2017 Intermezo
Dampak Siklon Tropis

Siklon tropis memiliki dampak yang sangat luar biasa pada tempat yang dilaluinya, karena ukurannya yang sangat besar yang disertai dengan angin kencang dan gumpalan awan yang dimilikinya. Dampak dari siklon tropis bisa berupa angin kencang, hujan deras dengan intensitas yang cukup lama bisa berjam jam, bahkan berhari hari yang mengakibatkan terjadinya banjir, gelombang tinggi dan juga gelombang badai (storm surge).

Siklon tropis yang terjadi dilaut akan menimbulkan gelombang tinggi, hujan deras dan angin kencang serta akan mengganggu pelayaran internasional dan berpotensi untuk menenggelamkan kapal. Siklon tropis bisa memutar air dan menimbulkan gelombang laut yang tinggi. sementara itu, didaratan akan menimbulkan angin kencang yang bisa merusak bahkan menghancurkan bangunan, kendaraan, jembatan dan benda lainnya. Gelombang badai (storm surge) atau peningkatan tinggi permukaan laut akibat siklon tropis merupakan dampak yang paling buruk yang mencapai daratan.

Berdasarkan sejarah. 90% siklos tropis sangat mematikan. Perputaran siklos tropis yang menyentuh daratan dan vertical wind shear di sekililingnya akan menimbulkan tornado. Tornado bisa juga dihasilkan sebagai akibat dari vortisitas di dinding mata siklon yang terus bertahan hingga sampai di daratan.

Siklon tropis memiliki dampak langsung. Yang dimaksud dengan dampak langsung siklon tropis merupakan dampak yang ditimbulkan oleh siklon tropis pada daerah yang dilaluinya. Dampak ini bisa berupa gelombang tinggi, gelombang badai atau storm surge yang berupa naiknya tinggi muka laut seperti air pasang tinggi

Sumber : http://meteo.bmkg.go.id/siklon/learn/07/id

Sumber gambar : http://img2.bisnis.com/bali/posts/2017/03/06/65050/cuaca.jpg

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait