Efek Pemanasan Global Semakin Mengancam

Share
By Staff PKK October, 02 2016 Intermezo
Efek Pemanasan Global Semakin Mengancam

Perubahan iklim yang terjadi sudah semakin dirasakan oleh manusia. Hal ini bisa terlihat dari perubahan cuaca yang tak menentu dan anomali cuaca akibat perubahan iklim. Bencana alam yang terjadi merupakan dampak dari perubahan iklim yang terjadi akibat adanya efek pemanasan global. Perubahan iklim betul-betul sedang terjadi di seluruh belahan dunia. Indonesia merasakan imbasnya di tahun 2015 ini dengan gejala musim kemarau panjang tanpa kemungkinan hujan sama sekali. Hal ini menimbulkan bencana yang cukup besar seperti kebakaran hutan di Indonesia yang terjadi pada tahun 2015. Bencana tersebut terjadi cukup lama sehingga memberikan kerugian yang cukup besar.

Efek pemanasan global sudah tidak bisa di sepelekan lagi, hal ini akan mengancam kehidupan manusia, selain pemanasan global memiliki pengaruh bagi kesehatan manusia dan juga menjadi sumber bencana. menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), antara tahun 2030 – 2050, perubahan iklim diprediksi akan menyebabkan peningkatan angka kematian manusia sebesar 220 ribu jiwa per tahun akibat malnutrisi, kelaparan, diare, dan udara panas. Berikut adalah Efek Pemanasan Global yang terjadi

Dampak Buruk pemasanan Global

Bumi Mencapai titik terpanas pada Tahun 2015

Pada tahun 2015, Bumi menyentuh suhu terpanas rata rata sepanjang sejarah selama lebih dari 1 abad terakhir. Semakin tingginya pembakaran bahan bakar fosil membuat semakin tingginya emisi gas buang sehingga mengakibatkan pemansan global. Pada tahun 2015 suhu permukaan rata-rata dunia adalah 0,73 derajat Celcius diatas rata-rata 1961-1990.

Memberikan Dampak Masalah Kesehatan

Efek pemanasan global akan memberikan dampak juga bagi masalah kesehatan. seperti yang terjadi di Indonesia pada tahun 2015 silam, bencana kekeringan panjang telah menimbulkan amsalah kesehatan yang serius bagi sebagian besar masyarakat indonesia. Perubahan iklim atau pemanasan global menjadi pemicu dari kekurangan udara sehat dan air minum bersih, produksi pangan yang gagal hingga mengakibatkan kelaparan dan harga makanan melambung tinggi.

Memicu suhu ekstrim dan bencana alam besar

Dampak paling nampak dari dahsyatnya efek pemanasan global adalah bencana alam dan perubahan pola cuaca. Bencana alam yang terjadi di tahun 2015 lebih banyak didominasi oleh bencana karena cuaca dan iklim. Kemarau panjang, kekeringan akut, kebakaran hutan, banjir bandang hingga longsor menjadi pengisi catatan bencana Indonesia tahun 2015. Bahkan, secara global, jumlah bencana alam yang berhubungan dengan cuaca dilaporkan naik hingga tiga kali lipat sejak tahun 1960-an

 

 

Sumber : http://blog.act.id/3-bukti-dahsyatnya-efek-pemanasan-global-selama-tahun-2015/

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait