Fungsi Hutan Sangat Penting Untuk Kehidupan

Share
By Staff PKK September, 12 2016 Intermezo
Fungsi Hutan Sangat Penting Untuk Kehidupan

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kawasan hutan terluas di Dunia. Hutan Indonesia memiliki keragakan hayati. Hutan Hutan Menjadi rumah bagi banyak flora dan fauna yang tak tertandingi di negara dengan ukuran yang sebanding manapun. Bahkan saat ini, hampir setiap ekspedisi ilmiah yang dilakukan di hutan tropis Indonesia kembali dengan penemuan spesies baru. Sehingga betapa pentingnya hutan bagi kelangsungan kehidupan.

Namun saat ini hutan seakan sudah beralih fungsi, Di Indonesia kasus penebangan hutan dan kebakaran hutan semakin meningkat. Tanpa di sadari hal ini akan menimbulkan permasalah besar, bukan hanya kerusakan hutan namun juga memiliki dampak buruk bagi kehidupan manusia dan keragaman hayati. Oleh sebab itu sangat penting bagi kita untuk menjaga hutan karena hutan memiliki fungsi bagi kehidupan manusia.

fungsi hutan penting bagi kehidupan manusia

Hutan Sebagai Pabrik Oksigen Yang Diperlukan Untuk Bernapas

Hutan memiliki peranan yang besar bagi kelangsungan hidup manusia sebab hutan merupakan Penghasil oksigen yang di butuhkan oleh manusia. Hutan pun berfungsi untuk menyerap sebagian besar karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia. Sebab terlalu banyak zat karbon bagi Bumi tentu tak baik bagi lapisan ozon. Maka dari itu, keseimbangan alam pun tercipta ketika hutan memproduksi oksigen dan menyedot karbondioksida, kebalikannnya dari manusia yang butuh oksigen dan memproduksi karbondioksida.

Hutan Menjadi Tempat Tinggal Bagi Beraneka Ragam Hayati

Hutan yang masih lebat dan alami merupakan rumah yang nyaman bagi keanekaragaman hayati. Hutan merupakan rumah bagi 80% spesies hewan dan tanaman yang Kita kenali sehari-hari, Hutan hujan tropis yang memiliki luasan wilayah paling luas di Indonesia menjadi rumah yang nyaman bagi berbagai burung langka dan orangutan yang terancam punah. Hampir sebagian besar proses rantai makanan berlangsung di dalam hutan.

Hutan Sebagai Pencegah Bencana Alam

Hutan memiliki fungsi sebagai pencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Saat ini kejadian banjir dan tanah longsor yang terjadi Di Indonesia disebabkan oleh kondisi hutan yang rusak akibat ulah manusia. akar pohon di dalam hutan yang kuat menjadi penyerap derasnya air hujan. Hutan yang berada di sekitar hulu akan menjadi penyerap air hujan dan akarnya menahan agar tanah tidak labil dan menjadi bencana longsor. Jika hutan di daerah hulu sudah hancur tidak terkendali karena penebangan liar dan keserakahan manusia lainnya, dampak buruknya sudah terlihat. Bencana banjir terjadi berturut-turut, menerjang kawasan hulu dan hilir sekaligus.

 

 

Sumber : http://blog.act.id/alasan-mengapa-fungsi-hutan-penting-bagi-kehidupan/

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait