Gelombang Pasang di Dusun Wailamung, Kel. Wailamung dan Dusun Henga, Kel. Lewomada, Kec. Talibura, Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur

Share
By January, 15 2011
Gelombang Pasang di Dusun Wailamung, Kel. Wailamung dan Dusun Henga, Kel. Lewomada, Kec. Talibura, Kabupaten Sikka  Provinsi  Nusa Tenggara Timur

Pada tanggal 7 s/d. 11 Januari 2011 pukul 15.00 telah terjadi gelombang pasang di Dusun Wailamung, Kel. Wailamung dan Dusun Henga, Kel. Lewomada, Kec. Talibura, Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pada tanggal 7 s/d. 11 Januari 2011 pukul 15.00 telah terjadi gelombang pasang di Dusun Wailamung, Kel. Wailamung dan Dusun Henga, Kel. Lewomada, Kec. Talibura, Kabupaten Sikka Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jumlah penduduk terancam 2.010 jiwa.

Kejadian ini mengakibatkan sebanyak 2 orang dirawat jalan di Puskesmas. Terjadi pengungsian sebanyak 210 orang (52KK), sebanyak 62 orang di antaranya merupakan kelompok rentan, dengan rincian : bayi 7 orang, balita 25 orang, ibu hamil 4 orang, dan ibu menyusui 26 orang. Tidak ada korban meninggal dunia dan tidak ada fasilitas kesehatan yang rusak.

Jajaran kesehatan setempat telah melakukan evakuasi korban, Memberikan pelayanan kesehatan pada korban dan pengungsi, kaporisasi pada sumber air bersih yang ada, penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat di lokasi pengungsian, pemutaran film penggunaan jamban dan pencegahan DBD dan melakukan pemantauan di lokasi bencana.

Saat ini dinas kesehatan setempat membutuhkan penjernih air cepat, aaquatab, kantong sampah, sarana cuci tangan dan kelambu. Bencana ini mengakibatkan tidak mamdainya sumber air bersih.

Pemantauan terus dilakukan oleh Dinkes Kab. Sikka, Dinkes Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait