GELOMBANG PASANG DI PERAIRAN INDONESIA

Share
By May, 21 2007
GELOMBANG PASANG DI PERAIRAN INDONESIA

Gelombang pasang menerpa sejumlah pantai di Indonesia. Di Sumatera Barat bencana gelombang pasang menimpa pantai di kota Padang, Kab. Pesisir Selatan, Kab. Agam, Kab. Padang Pariaman, Kab. Pasaman Barat dan Kota Pariaman pada hari Kamis dan Jumat, tanggal 17 dan 18 Mei 2007.

Gelombang pasang di Sumatera Barat menyebabkan sebanyak 520 rumah rusak dan mengakibatkan 2.476 penduduk mengungsi yaitu dari Kab. Agam, Kab. Peisisir Selatan dan Kota Padang. Dinkes Kota Padang melaporkan ada 1 orang korban jiwa dari kota Padang dan 3 orang korban luka-luka. 1 Pustu di laporkan rusak di Kab. Padang Pariaman.

Gelombang pasang juga terjadi di Provinsi Jawa Barat yaitu di Kec. Pelabuhan Ratu dan Kec. Cisolok, Kab. Sukabumi pada tanggal 17 Mei 2007. Pada tanggal 18 Mei 2007 gelombang pasang terjadi di pesisir pantai selatan Kab. Garut. Akibat kejadian ini 77 rumah hancur, 52 rumah rusak berat dan 103 rumah rusak ringan.

Dilaporkan 1 orang dirawat di RSUD Pelabuhan Ratu sementara 277 orang dirawat jalan di 3 Poskes. Gelombang pasang ini juga mengakibatkan 1.129 jiwa mengungsi di 3 lokasi di Kec. Pelabuhan Ratu dan di Kec. Surade.

Pusat Penanggulangan Krisis telah mengirimkan bantuan kepada Dinkes Kab. Sukabumi berupa 1 unit tenda komando, 1 paket bahan habis pakai, MP-ASI 25 koli dan 50 buah kantong jenazah. Berbagai upaya juga telah dilakukan oleh dinas kesehatan setempat untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang ada.  Antara lain dengan mendirikan pos kesehatan dan menyiagakan puskesmas 24 jam.

Pemantauan perkembangan pasca bencana gelombang pasang terus dilakukan oleh Dinkes Kota Padang, Dinkes Kab. Garut dan PPK Depkes.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait