GEMPA BUMI DI MANDAILING SUMUT MENEWASKAN 4 ORANG

Share
By December, 19 2006
GEMPA BUMI DI MANDAILING SUMUT MENEWASKAN 4 ORANG

Gempa bumi berkekuatan 5,7 SR mengguncang Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Mandailing Natal pada hari Senin lalu (18/12) pukul 04.39 WIB.   Disusul oleh gempa berikutnya beberapa jam kemudian, pukul 08.24 WIB, dengan kekuatan 5,5 SR.  Berdasarkan informasi dari BMG pusat gempa yang pertama berada di darat 30 km Tenggara Panyabungan Sumatera Utara dan yang kedua berada di darat 39 km Utara Muara Sipongi.

  Dampak gempa yang terparah berada di Kecamatan Muara Sipongi terutama di 9 desa yaitu Desa Psr. Muara Sipongi, Desa Kota Rajo, Desa Bandar Panjang, Desa Bandar Panjang Duo, Desa Muara Kumpulan, Desa Tanjung Alai, Desa Koto Baringin, Desa Kota Boru dan Desa Simpang Mandepo .  Bencana tersebut mengakibatkan 4 orang tewas, 6 orang luka berat dan 25 orang luka ringan.  Selain itu 726 rumah rusak berat dan 21 rusak ringan serta sebuah puskesmas rusak ringan.  Bencana ini juga menimbulkan pengungsian sejumlah kurang lebih  500 orang yang merupakan warga dari 9 desa yang rusak parah tersebut. Saat ini mereka semua telah ditampung di 3 lokasi yaitu Kantor Camat, Balai Desa Kecamatan dan Gedung Bioskop Lama.      

 

Berbagai upaya telah dilakukan oleh jajaran kesehatan setempat untuk menanggulangi permasalahan kesehatan yang ada.  Bagi para korban luka-luka sudah disediakan 4 buah pos kesehatan yaitu 2 di Muara Sipongi, 1 di Kotanopan dan 1 di Panyabungan.  Sedangkan korban yang luka berat dirujuk ke RSU Panyabungan di Tapanuli Selatan.  Selain itu ke lokasi bencana telah dikirim paket obat-obatan untuk gawat darurat serta tim kesehatan dari Dinkes Prov. Sumut, BSB RSU HAM serta KKP Belawan yang terdiri dari 3 dokter, 5 perawat, 2 petugas kesling dan 1 supir.    

 

Hingga saat ini permasalahan kesehatan yang ada masih dapat ditangani oleh jajaran kesehatan setempat.  Dan pemantauan tetap dilakukan Dinkes Kab. Mandailing Natal, Dinkes Provinsi Sumatera Utara dan Pusat Penanggulangan Krisis (PPK) Depkes.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait