GEMPA BUMI TEKTONIK DI PADANG SIDEMPUAN

Share
By May, 21 2008
GEMPA BUMI TEKTONIK DI PADANG SIDEMPUAN

Bencana gempa bumi tektonik dengan kekuatan 6,1 SR terjadi di Provinsi Sumatera Utara dengan pusat gempa berada di 35 km Barat Laut Padang Sidempuan pada kedalaman 10 km di bawah permukaan laut.

Pada tanggal 19 Mei 2008 pukul 21.26 WIB terjadi bencana gempa bumi tektonik berkekuatan 6,1 SR yang berpusat di 35 km Barat Laut Padang Sidempuan Sumut pada kedalaman 10 km di bawah permukaan laut. Gempa tersebut dirasakan di 3 kecamatan di Kabupten Tapanuli Utara, yaitu Kecamatan Simangumban, Kec. Pahae Jahe, dan Kec. Janji Angkola yang mengakibatkan jalan antar provinsi di Kec. Simangumban putus total. Gempa tersebut juga memicu terjadinya tanah longsor di Dusun Sipetang Desa Simangumban Jae Kec. Simangumban dan mengakibatkan 2 rumah rusak total. Hingga saat ini telah terjadi 6 kali gempa susulan dengan kekuatan berkisar antara 3,2 5,5 SR.

Terdapat 2 (dua) orang yang menderita luka berat di Kec. Simangumban dan 60 orang lainnya menjalani rawat jalan dengan diagnosis Trauma Psikis yang sebagian besar berasal dari Desa Simangumban Jae Kec. Simangumban. Tidak dilaporkan adanya korban yang meninggal dunia.

Jajaran kesehatan setempat telah mengevakuasi korban dan mendirikan Pos Kesehatan di 3 titik yaitu 2 Poskes di Kec. Simangumban dan 1 Poskes di Kec. Janji Angkola. Adapun bantuan yang dibutuhkan adalah obat-obatan khususnya obat penurun tekanan darah dan untuk trauma psikis. Permasalahan kesehatan saat ini dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat dan pemantauan tetap dilakukan oleh Dinkes Kab. Tapanuli Utara, PPK Regional Sumatera Utara dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait