GEMPA GUNCANG NTB, PULUHAN LUKA-LUKA

Share
By November, 26 2007
GEMPA GUNCANG NTB, PULUHAN LUKA-LUKA

Gempa berkekuatan 6,7 SR mengguncang dan membuat panik warga di Kab. Dompu dan sekitarnya. Bencana ini mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dan luka-luka. Selain itu, beberapa bangunan rumah dan sarana kesehatan mengalami kerusakan.

Warga Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat dikejutkan oleh guncangan gempa bumi pada Minggu (25/11/07), sekitar tengah malam. Gempa tersebut berkekuatan 6,7 SR dengan kedalam 50 km dan berpusat di 50 km Barat Laut Raba, NTB. Disusul gempa berikutnya pada pukul 03.45 berkekuatan 6,8 SR dengan kedalaman 45 km Barat Laut Raba yang berpotensi tsunami. Bencana ini mengakibatkan beberapa bangunan rusak dan jatuhnya korban meninggal serta luka-luka.

Berdasarkan informasi dari lokasi, korban meninggal saat ini berjumlah 3 orang dan 2 diantaranya belum diidentifikasi. Korban luka-luka akibat tertimpa reruntuhan bangunan saat ini dirawat di RSUD Dompu dan Puskesmas Kilo. Jumlah korban luka yang sudah dikonfirmasi sebanyak 45 orang dengan rincian 16 orang menjalani rawat inap RSUD Dompu dan 17 lainnya sudah diperbolehkan pulang setelah menjalani perawatan. Tiga pasien yang menderita patah tulang hari ini rencana akan menjalani operasi.

Beberapa bangunan fasilitas kesehatan juga mengalami kerusakan, berdasarkan data yang diterima dari lokasi tercatat 4 Puskesmas rusak sedang, 5 Pustu rusak berat dan 5 rusak sedang, 7 Polindes rusak sedang, 4 rumah dinas dokter rusak sedang, dan 13 rumah dinas paramedis rusak sedang.

Saat ini terus dilakukan pemantauan dan koordinasi oleh Dinkes Prov. NTB, Dinkes Kab. Dompu dan PPK Depkes dalam upaya penanggulangan krisis kesehatan akibat gempa.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait