GLADI LAPANG PENANGGULANGAN KESEHATAN AKIBAT BENCANA

Share
By September, 24 2006

Pada tanggal 13-15 September 2006 Depkes bekerja sama dengan Dinkes Prov. DKI Jakarta melakukan Gladi Lapang Penanggulangan Krisis Kesehatan Akibat Bencana. Gladi tersebut merupakan simulasi kejadian bencana serta penanggulangannya secara terpadu dan terkoordinasi antara semua pihak yang terkait.

Hari pertama gladi dimulai dengan acara Pembekalan Teknis Kesehatan Sebagai Persiapan Gladi Lapang Kesiapsiagaan yang diadakan di gedung Depkes dan dibuka oleh Sekretaris Jenderal Departemen Kesehatan, Dr Sjafii Ahmad, MPH. Acara tersebut dihadiri oleh para pelaksana Gladi yang terdiri dari Depkes, Dinkes Prov. DKI, Ambulans 118, PMI, TNI, Pemadan Kebakaran DKI, Polri, Dinkes Tangerang, Dinkes Bekasi, Dinkes Depok, Dinkes Bogor dan SAR.

Pada hari kedua kegiatan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka dan Wisata Cibubur, lokasi di mana rencananya acara puncak akan digelar. Kurang lebih 500 para pelaku gladi hadir untuk mengikuti acara tersebut. Hari itu dilakukan pembekalan teknis di lapangan, pengaturan laku, gladi resik serta pemasangan dan persiapan peralatan.

Acara puncak gladi pada hari Jum’at 15 September dimulai pukul 8 tepat ditandai dengan dibunyikannya sirine oleh Ibu Menkes, Dr.dr.Siti Fadillah Supari, SpJP(K). Dan dihadiri oleh sekitar 150 undangan yang berasal dari Bakornas, Depkes, Dinkes Provinsi serta RSU di seluruh provinsi, PMI, PT Indo Farma dan Kimia Farma, WHO, UNDP, UNICEF, JICA, UN OCHA, ICRC, UNFPA dan IOM. Acara ditutup siang hari dan diakhiri dengan evaluasi kegiatan yang diikuti oleh para pengamat serta pengendali gladi.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait