Gunung Soputan Masih Bisa Meletus Kembali

Share
By Staff PKK April, 25 2016 Intermezo
Gunung Soputan Masih Bisa Meletus Kembali

Indonesia termasuk Negeri yang terkenal dengan Gunung Api yang banyak dan juga aktif. Berbagai letusan gunung api pernah terjadi di Indonesia. Rings of Fire Pacific atau jejeran gunung berapi pasifik nampak berkumpul di Indonesia. Maka dari itu wajar jika hampir tiap saat banyak gunung berapi di Indonesia yang bergejolak menandakan aktivitas vulkanisnya. Aktifitas tersebut menjadi pemicu terjadinya letusan, tentu gunung api yang masih aktif masih mengancam masyarakat di daerah sekitar sebab gunung api bisa meletus kapan saja.

Sepanjang tahun 2016 ini sudah ada beberapa gunung yang meletus salah satunya adalah Gunung Spotan di Kab Minahasa Sulawesi Utara. Awal Mei 2016 Gunung ini berada dalam status waspada .Gejolak vulkanik Gunung Soputan ini memang menjadi aktivitas vulkanis paling aktif selama beberapa bulan terakhir. Berdasarkan Pantauan status vulkanik Gunung Soputan berada di level dua atau dalam status waspada. Gunung Soputan sempat menyentuh Level 3, namun karena aktifitas vulkaniknya masih flukuatif dan cendrung menurun sehingga menurunkan status Gunung Soputan menjadi level 2

Aktifitas ini masih bisa meningkat sewaktu waktu dan berpotensi terjadinya letusan. BPBD memberikan peringatan awal bagi warga untuk menjauhi kegiatan di sekitar Gunung Soputan. Sebab dapur vulkanik Soputan bisa kapan saja mengeluarkan semburannya. Zona berbahaya Gunung Soputan di level dua atau waspada ini berada di jarak 1,5 dari puncak Gunung. Ancaman letusan dari Gunung Soputan masih cukup tinggi karena masih bisa meletus sewaktu waktu karena status gunung ini masih cukup aktif.

Sebagai informasi, Gunung Soputan adalah satu dari sekian banyak gunung berapi yang berada di wilayah Provinsi Sulawesi Utara. Gunung ini dilihat dari sejarah masa silam terbentuk pada masa Kuarterner di tepi selatan kaldera Tondano. Karena pergerakan lempeng bumi yang cukup aktif fi bawah permukaan Soputan, maka Gunung ini dicap sebagai salah satu gunung api teraktif di Sulawesi, bahkan di Indonesia. Tercatat telah terjadi letusan yang cukup sering dalam rentang waktu beberapa tahun sekali. Dari Kota Manado, Gunung Soputan berjarak sekitar 50 kilometer di sebelah barat daya-selatan.

 

 

Sumber : http://blog.act.id/waspada-gunung-soputan-terancam-meletus-kembali/

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait