Hal Yang Menyebabkan Terjadinya Banjir Bandang

Share
By Staff PKK April, 05 2016 Intermezo
Hal Yang Menyebabkan Terjadinya Banjir Bandang

Banjir bandang merupakan salah  satu bencan yang cukup sering terjadi di Indonesia. Banjir bandang merupakan bencana yang terjadi akibat Luapan Air sungai yang keluar karena Debit Air sungai yang membesar melampaui kapasitas sungai, terjadi dengan cepat melanda daerah daerah rendah permukaan bumi, di lembah sungai-sungai dan cekungan-cekungan dan biasanya membawa debris dalam alirannya.

Yang membedakan banjir bandang dengan banjir biasa adalah karena waktu yang berlangsung sangat cepat bisa kurang dari 6 jam. Banjir bandang akan menyapu lahan yang di landanya dengan kecepatan aliran sungai cukup tinggi. Tinggi permukaan gelombang banjir bandang dapat berkisar 3 – 6 meter dengan membawa debris dan sangat berbahaya yang akan melanda hampir semua yang dilewatinya Hujan yang menimbulkan banjir bandang dapat memicu terjadinya longsoran lereng dan tebing yang menimbulkan bencana aliran debris yang akan terangkut oleh banjir bandang tersebut.

Hal Yang Menyebabkan Terjadinya Banjir Bandang

Hujan Deras

Hujan deras yang melanda suatu wilayah dengan intensitas cukup tinggi bisa menjadi pemicu terjadinya bencana banjir bandang. Hujan yang tinggi di suatu aliran sungai bisa membuat aliran sungai menjadi meluap akibat debit air berada di luar kapasitas. Karena besarnya debit dan kecepatan alirannya banjir bandang dapat mengangkut bebatuan, lumpur yang dierosinya dari tebing maupun deposit sedimen pada dasar alur dan debris lain seperti batang pepohonan yang tercerabut, dan akan menyapu daerah

Tanggul Yang Jebol

Banjir bandang bisa terjadi akibat tanggul yang jebol atau rusaknya tanggul penahan air sungai. Biasanya akan terjadi di daerah bantaran sungai  bantaran ruas sungai aluvial oleh pecahnya tanggul pelindung pada saat terjadi aliran dengan elevasi di atas bantaran sungai, karena suatu penyebab, atau gagalnya sebuah bendung buatan. Banjir bandang tipe ini dapat mengakibatkan bencana dahsyat.

 Sumber : http://blog.act.id/pengertian-dan-penyebab-banjir-bandang/

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait