Indonesia Semakin Berkomitmen Untuk Mengutamakan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Share
By Staff PKK February, 10 2016 Intermezo
Indonesia Semakin Berkomitmen Untuk Mengutamakan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat rawan sekali terkena bencana. Oleh sebab itu pemerintah akan terus semakin berkomitmen untuk terus mengutamakan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana dan akan tetap menjadi bagian yang tidak bisa di pisahkan dari prioritas pembangunan nasional. Hal tersebut di sampaikan secara langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Karena sering nya terjadi bencana, pemerintah melalui BNPB akan ada di barisan depan dalam menanggulangi bencana yang terjadi di indonesia.

Saat ini untuk bisa mengutamakan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana pemerintah telah memiliki 10 Komitmen Pemerintah terkait pengurangan dan pengelolaan risiko bencana. 10  komitmen tersebut adalah, akan melakukan pendekatan secara komprehensif dan sistematis dengan mengacu pada Sendai Framework for Disaster Risk Reduction 2015-2030, yang akan tetap memprioritaskan  pengurangan resiko bencana dan juga adaptasi perubahan iklim, akan melakukan pembangunan tata ruang kota agar tahan bencana serta melakukan pengembangan kapasitas pemerintah daerah dan juga desa.

Selain itu juga pemerintah sudah berkomitmen untuk memajukan sistem kesehatan agar bisa mendukung pengembangan dalam mengelola resiko dari setiap bencana yang terjadi, akan terus mengupayakan dari pihak yang terlibat dan bertanggung jawab bersama dari berbagai pemangku kepentingan serta akan terus mengoptimalkan pengelolaan resiko bencana dalam perencanaan pembangunan dan peningkatan pendanaan. Diharapkan dengan ini, Pemerintah akan semakin tanggap terkait bencana yang terjadi dan juga bisa mengelola pengembangan daerah yang sudah terkena bencana dengan rencana pembangunan daerah terkait bencana

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait