INFORMASI TERKINI PERKEMBANGAN VIRUS INFLUENZA A (H1N1) TANGGAL 9 JULI 2009

Share
By July, 08 2009
INFORMASI TERKINI PERKEMBANGAN VIRUS INFLUENZA A (H1N1) TANGGAL 9 JULI 2009

Berdasarkan laporan dari Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) dan Badan Litbangkes Depkes tanggal 7 Juli 2009, kasus influenza A H1N1 bertambah 8 kasus baru.

Berdasarkan laporan dari Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) dan Badan Litbangkes Depkes tanggal 7 Juli 2009, kasus influenza A H1N1 bertambah 8 kasus baru. Sehingga total kasus positif Influenza A H1N1 di Indonesia adalah 28 kasus. Dari 28 kasus positif, 5 orang yang dirawat di RS Sanglah dinyatakan sembuh dan sudah pulang.

Untuk mengkoordinasikan penanggulangan penyebaran Influenza A H1N1, Menteri Kesehatan melalui surat No. 504/Menkes/VII/2009 tanggal 1 Juli 2009, telah mengirimkan surat edaran kepada Gubernur seluruh Indonesia. Menkes minta Gubernur seluruh Indonesia untuk memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi selaku Focal Point di tingkat provinsi untuk berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL), serta RS Vertikal di daerah ( RSUP) yang merupakan unit pelaksana teknis Depkes di daerah, RS daerah dan RS Rujukan Flu Burung yang ada, RS TNI, RS Polri, RS Swasta dan Sarana Kesehatan Swasta untuk melaksanakan langkah-langkah penanggulangan.

Langkah-langkah penanggulangan tersebut meliputi :

  1. Meningkatkan penemuan atau deteksi dini suspek influenza H1N1
  2. Setiap suspek harus dilakukan penyelidikan epidemiologi dan pengambilan spesimen.
  3. Puskesmas mengaktifkan laporan mingguan penyakit potensial KLB termasuk Influenza klinis atau Influenza Like Illness (ILI) sebagai pemantauan wilayah setempat (PWS) dan melaporkan setiap minggunya ke Dinas Kesehatan Kab/Kota.
  4. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota melakukan rekapitulasi secara mingguan kemudian melaporkan ke Dinkes Provinsi dan Ditjen P2PL setiap minggu. Informasi berisi jumlah kasus influenza klinis, nama kabupaten/kota dan nama provinsi dikirimkan ke Posko Kejadian Luar Biasa (KLB) : Jl. Percetakan Negara No. 29 Jakarta, Telp. 021 4257125; Fax : 021 42877588 ; Email : poskoklbp2pl@yahoo.com ; Website Depkes : www.depkes.go.id dan www.penyakitmenular.info ; SMS gateway : 0813.1813.9990.

Influenza A Baru (H1N1) ditularkan melalui kontak langsung dari manusia ke manusia lewat batuk, bersin atau benda-benda yang pernah bersentuhan dengan penderita. Saat ini sebagian besar penyakit adalah ringan dan sembuh dengan baik.

Masyarakat diminta tetap waspada dan dihimbau untuk senantiasa membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun. Melaksanakan etika batuk dan bersin yang benar. Apabila sakit dengan gejala Influenza supaya mengenakan masker dan tidak berdekatan dengan kelompok anggota masyarakat lainnya dan segera menghubungi petugas kesehatan. Menghindari bepergian apabila sedang sakit flu.

(Sumber : Pusat Komunikasi Publik Depkes RI )

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait