Kasur Anti Gempa Telah Diciptakan, Seperti Apa Cara Kerjanya?

Share
By Webmaster January, 25 2017 Intermezo
Kasur Anti Gempa Telah Diciptakan, Seperti Apa Cara Kerjanya?

Gempa bumi merupakan salah satu dari banyaknya bencana alam yang berbahaya dan tidak dapat diprediksi. Banyak kejadian gempa bumi yang merenggut banyak korban jiwa karena terjadi di tengah malam saat orang-orang tengah terlelap sehingga mereka tidak sempat evakuasi dan melindungi diri.

Oleh karena itu, seorang peneliti dan inventor dari Tiongkok yang bernama WangWenxi, mencoba menyediakan solusi bagi negara yang sering terdampak gempa bumi dengan menciptakan sebuah tempat tidur. Jangan salah, tempat tidur ini bukan tempat tidur biasa, melainkan tempat tidur ini adalah tempat tidur yang anti gempa.

Bukan hanya untuk melindungi diri penggunanya dari gempa, tempat tidur ini bahkan memiliki tempat untuk menyimpan survivalhit seperti kotak p3k dan persediaan cadangan makanan dan minuman. Pengguna tempat tidur ini bisa menunggu di dalam tempat tidur sampai bantuan tiba atau gempa berhenti.

Pada tahun 2010, WangWenxi memberikan paten terhadap barang ciptaannya itu dan terus menyesuaikan fungsi dan desainnya.

Pada desain aslinya, tempat tidur ini terdiri dari sebuah kotak logam besar berengsel dengan kasur di atasnya. Sehingga saat gempa terjadi, kasur akan jatuh ke dalam kotak, dan tutup kotak diatasnya akan menyegel pengguna di dalamnya.

Pada desain kedua, engsel berada di tengah tempat tidur dan kasur akan langsung masuk bagian bawah kotak tersebut saat terjadi gempa. Cara pengguna mengakses tempat persediaan makanan masih belum diketahui dan jika dilihat dari ukuran dan konstruksinya yang kuat, pengguna harus meminta bantuan untuk memindah-mindahkannya.

http://properti.kompas.com/read/2015/12/24/083212521/Saat.Gempa.Tempat.Tidur.Ini.Bisa.Melindungi.Anda

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait