Kebakaran Hutan Hampir Setiap Tahun, Lalu Apa Saja Penyebabnya

Share
By Staff PKK September, 10 2016 Intermezo
Kebakaran Hutan Hampir Setiap Tahun, Lalu Apa Saja Penyebabnya

Hampir setiap tahun Indonesia dihadapi dengan permasalahan bencana kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan. Dampak yang ditimbulkan dari bencana ini pun cukup besar, kebakaran hutan akan mengganggu aktifitas masyarakat sehingga berdampak terhadap laju pertumbuhan ekonomi. selain itu Kabut asap yang terjadi akan menyebabkan permasalahan kesehatan. banyak masyarakat yang terserang penyakit gangguan pernapasan akibat kabut asap. Segala upaya terus dilakukan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan termasuk melakukan pemantauan guna meminimalisir kebakaran semakin meluas.

Kebakaran hutan sendiri sudah menjadi permasalahan yang cukup besar, sebab kerugian yang ditimbulkan sangat besar. pada tahun 2015 lalu Indonesia menghadapi bencana kabut asap dari kebakaran hutan yang cukup lama, lamanya kabut asap karena Indonesia juga sedang menghadapi fenomena El Nino musim kemarau berkepanjangan sehingga menyebabkan kabut asap semakin lama dan kerugian ekonomi dari bencana ini sangat besar, selain itu masyarakat yang berada didaerah tersebut terancam terkena masalah kesehatan. titik api penyebab kebakaran bisa saja muncul baik disengaja oleh oknum maupun titik api di dalam tanah.

90% Penyebab Kebakaran Hutan Karena Disengaja

Penyebab kebakaran hutan disejumlah Provinsi di Indonesia merupakan akibat dari perbuatan manusia atau dilakukan dengan sengaja oleh oknum tidak bertanggung jawab. Kebakaran hutanm sama seperti sebuah kejahatan yang terorganisasi dan 90% dilakukan dengan oleh manusia dengan cara membakar lahan untuk membuka lahan perkebunan. pembakaran hutan merupakan cara yang paling murah dan cepat untuk mengubah lahan hutan menjadi kebun kelapa sawit, sekaligus mendongkrak harga lahan. Yang menjadi permasalahan adalah titik api terus meluas dan mengalami penyebaran sehingga kebakaran hutanpun semakin melebar. kebakaran sulit dipadamkan karena baik di Kalimantan maupun Sumatera, titik api berada pada kedalaman tiga sampai lima meter di bawah tanah karena itulah karakteristik tanah gambut.

Penyebab lain kebakaran hutan yang juga sering terjadi

  • Adanya sambaran petir pada hutan yang kering karena mengalami musim kemarau yang panjang
  • Kecerobohan manusia antara lain membuang puntung rokok secara sembarangan dan lupa mematikan api di hutan perkemahan atau jalur pendakian.
  • Gesekan pohon pinus kering yang tumbang dan menyebabkan percikan api  penyulut kebakaran

 

Sumber: http://blog.act.id/apa-penyebab-kebakaran-hutan-di-indonesia/

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait