KEGIATAN TIM AJU KESEHATAN INDONESIA DI PALESTINA

Share
By January, 03 2009
KEGIATAN TIM AJU KESEHATAN INDONESIA DI PALESTINA

Krisis di Jalur Gaza Palestina semakin memburuk. Tim Aju (advance) Kesehatan Indonesia yang telah tiba di Amman Yordania pada tanggal 2 Januari lalu telah melakukan beberapa kegiatan dalam rangka pengiriman bantuan ke Jalur Gaza Palestina dan rencana pendirian Rumah Sakit Lapangan di daerah tersebut.

Krisis di Jalur Gaza Palestina semakin memburuk. Tim Aju (advance) Kesehatan Indonesia yang telah tiba di Amman Yordania pada tanggal 2 Januari lalu telah melakukan beberapa kegiatan dalam rangka pengiriman bantuan ke Jalur Gaza Palestina dan rencana pendirian Rumah Sakit Lapangan di daerah tersebut. Berikut ini adalah beberapa kegitatan Tim Aju (advance) Kesehatan Indonesia sampai dengan tanggal 3 Januari 2009:

1. Pada Jam 10.30 waktu Amman Yordania Tim Aju (advance) Kesehatan Indonesia diterima oleh Duta Besar Palestina di Amman Yordania yang dilanjutkan dengan pertemuan dan penyerahan secara resmi Bantuan 2 ton Obat dan Logistik serta uang tunai 2 milyar rupiah. Penandatanganan Berita Acara dilakukan oleh Dr. Rustam S. Pakaya dengan Menkes Palestina Dr. Fathie Abu Muglie dilanjutkan penyerahan secara simbolik bantuan tersebut.

2. Tim kemudian mengadakan peninjauan ke gudang Jordan Cherity (satu2nya organisasi yang boleh masuk oleh Israel), yang akan membawa bantuan tersebut masuk ke Jalur Gaza pada tanggal 4 Januari 2009 dan direncanakan akan sampai pada jam 3 sore. Tim juga berdiskusi tentang jalur truk yang akan membawa bantuan untuk meyakinkan Tim bahwa bantuan sampai pada sasaran.

3. Pada Jam 17.00 Tim berkunjung ke RS Militer “ALIA” yang merawat 6 pasien korban agresi Israel ke Jalur Gaza Palestina. Tim diterima resmi oleh Direktur Rumas Sakit, Letnan Jenderal Dr. Hasan Malkawi, Ahli Kandungan. Tim diberi kesempatan berdialog dengan para pasien dan tim dokter ortophedi, berdiskusi dengan dokter RS Alia yang merawat pasien, serta memberi masukan perawatan yang lebih baik.

4. Pada Jam 9 malam, Tim mengadakan rapat untuk persiapan perjalanan besok pagi ke Jalur Gaza melalui jalan darat dan menyeberangi laut merah. Rumah Sakit Lapangan diharapkan dapat didirikan di sekitar Rafa, perbatasan Mesir – Palestina.

Situasi terakhir menyebutkan bahwa Tentara Israel telah masuk menyerang ke Jalur Gaza sekitar jam 8 malam. Hingga saat ini korban meninggal rakyat Palestina berjumlah 484 orang dan luka-luka 2800 orang sedangkan korban tewas tentara Israel 30 orang.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait