Kerusakan Lingkungan Sudah Menjadi Masalah Yang Serius

Share
By Staff PKK July, 22 2016 Intermezo
Kerusakan Lingkungan Sudah Menjadi Masalah Yang Serius

Kerusakan lingkungan saat ini sudah memasuki tahap darurat, selain faktor perubahan iklim Faktor manusia juga turut menyumbang dalam kerusakan lingkungan. Perubahan lingkungan yang terjadi saat ini menyebabkan lingkungan menjadi tidak sesuai untuk mendukung kehidupan manusia. Tentu hal ini harus secepatnya di atasi karena jika tidak di atasi akan berdampak bagi kelangsungan hidup manusia. Kerusakan lingkungan yang terjadi dikarenakan eksplorasi sumberdaya alam untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan.

Kerusakan lingkungan ini bisa di sebabkan oleh faktor alam ataupun oleh faktor manusia seperti pencemaran lingkungan akibat limbah sehingga akan merusak ekosistem lingkungan. Selain itu pencemaran lingkungan yang berdampak menjadi polusi juga sangat menganggu manusia. Karena akibat polusi, manusia juga akan mendapatkan dampaknya.

Hal Yang Menyebabkan Kerusakan Lingkungan

Kerusakan Hutan            

Kerusakan hutan saat ini menjadi masalah kerusakan lingkungan yang cukup kronis. Tentu kita pernah mendengar dan melihat dampak yang di timbulkan dari kerusakan hutan salah satunya adalah pembakaran lahan hutan, hal ini tentu menimbulkan polusi udara dan akan menimbulkan masalah kesehatan bagi manusia Kondisi kawasan hutan yang telah rusak tersebut disebabkan antara lain oleh adanya ilegal logging dan perambahan hutan. Jumlah kerusakan hutan semakin meningkat akibat adanya juga peningkatan aktifitas perkebunan. Hal yang perlu di terapkan adalah, pembangunan dan pembakaran lahan hendaknya melihat juga aspek lingkungan dan Upaya penanaman kembali hutan yang telah rusak. Penghijauan telah dilakukan namun belum efektif memulihkan kondisi hutan.

Penurunan Kualitas Air

Kerusakan lingkungan juga akan berdampak terhadap penurunan kualitas air. Seperti di ketahui, limbah dari industri atau pabrik yang di buang ke sungai tentu akan merusak dan menimbulkan pencemaran hal ini juga berdampak terhadap menurunnya kualitas air. Air yang tercemar limbah sangat berbahay bagi kehidupan manusia. Selain itu, dampak dari pembakaran hutan dan semakin terkikisnya pohon sebagai resapan air juga sangat berpengaruh terhadap penurunan mutu air sebagai akibat peningkatan zat padat terlarut dan zat padat tersuspensi serta kekeruhan.

Pengelolaan Sampah

Sampah merupakan bahan yang terbuang dan sudah tidak terpakai. Sampah bisa di hasilkan dari aktifitas manusia ataupun alam. Sampah di bagi tiga menjadi, sampah anorganik/sampah kering, sampah organik/basah, dan sampah berbahaya. Sampah juga berdampak terhadap lingkungan, sampah mampu menimbulkan polusi selain itu, sampah yang di buang sembarang menjadi penyebab bencana banjir saat musim hujan. Akibat tidak tertahan nya arus air oleh tumpukan sampah.        

Pemanasan Global

Semakin meningkatnya suhu rata rata permukaan bumi akibat pemanasan global juga ikut menyumbang terjadinya kerusakan lingkungan. Peningkatan suhu permukaan bumi akan berdampak terhadap ekosistem alam dan manusia. kehidupan manusia dan ekosistem alam tidak akan mampu beradaptasi terhadap perubahan iklim yang sangat cepat. Suatu ekosistem adalah terdiri dari lingkungan biotik dan abiotik di wilayah tertentu.

 

 

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait