Kesalahan Manusia Dalam Mengelola Alam Sering Menimbulkan Bencana Alam

Share
By Staff PKK October, 25 2016 Intermezo
Kesalahan Manusia Dalam Mengelola Alam Sering Menimbulkan Bencana Alam

Bencana alam tidak bisa diperkirakan kapan terjadi, bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. fenomena bencana alam sering terjadi di Indonesia, umumnya bencana alam terjadi karena faktor alam namun tidak sedikit juga bencana yang terjadi akibat faktor manusia seperti, banjir dan tanah longsor yang merupakan bencana yang terjadi karena faktor alam namun manusia ikut memperparah bencana ini, kerusakan lingkungan akibat ulah manusia cukup menyumbang bencana besar di Indonesia. saat masuk musim hujan, ancaman bencana banjir dan longsor cukup tinggi, akibat ada ulah manusia yang merusak hutan sehingga semakin sedikit tempat untuk menampung air hujan, menjadi penyebab semakin tingginya potensi banjir dan longsor dan juga saat masuk musim kemarau akibat kerusakan hutan akan menimbulkan bencana kekeringan.

Namun ada juga bencana yang memang terjadi karena faktor alam, seperti  peningkatan jenis dan intensitas terjadinya topan dan badai serta anomali iklim global disebabkan oleh kerusakan lapisan atmosfer dalam bentuk pemanasan global akibat gas buang dari pembakaran yang semakin meningkat. Namun untuk saat ini, tidak bisa dipungkiri lagi, akibat ulah manusia yang merusak lingkungan dan juga merusak ekosistem alam dengan membuang limbah menjadi pemicu terjadinya bencana besar. bencana datang silih berganti akibat ulah manusia namum manusia masih belum sadar bahwa semua bencana ini datang akibat dari perbuatan yang salah dalam mengelola alam

Manusia memiliki peran dalam menjaga alam, lingkungan dan juga mencegah bencana. kesadaran masyarakat dalam mengelola alam perlu ditingkatkan untuk bisa mencegah terjadinya bencana, langkah ini juga bisa dijadikan sebaga mitigasi dan pencegahan bencana sejak dini. Namun dalam perkembangannya, tuntutan kebutuhan hidup manusia yang semakin bertambah, baik dari segi kuantitas maupun kualitas telah menyebabkan semua kebutuhan tersebut ditumpukan kepada alam melampaui daya dukungnya. Kondisi ini didorong oleh perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi. Sehingga merusak alam tanpa memperbaikinya seakan akan sudah menjadi hal biasa, namun dampak yang ditimbulkan sangat besar dan mengancam manusia itu sendiri. Manusia terlalu mengekploitasi sehingga menyebabkan terjadinya perubahan tatanan kehidupan dan hukum alam. Akibatnya alam mengalami perubahan dan kerusakan yang pada akhirnya berdampak pada kehidupan manusia.

 

Sumber : http://www.umy.ac.id/bencana-alam-kesalahan-manusia-dalam-pengelolaan-alam.html

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait