KLB DIARE DI NTB

Share
By April, 15 2008
KLB DIARE DI NTB

Kejadian Luar Biasa Diare terjadi di 16 desa wilayah Puskesmas Sape dan 6 desa di wilayah Kecamatan Lambu, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Baca selanjutnya...

Kejadian Luar Biasa Diare terjadi di 16 desa wilayah Puskesmas Sape dan 6 desa di wilayah Kecamatan Lambu, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat. KLB Diare ini terjadi pada tanggal 9 April 2008 ini mengakibatkan korban meninggal sebanyak 4 orang, 130 orang dirawat inap , dan 244 orang rawat jalan. Adapun gejala yang timbul pada korban adalah muntah-muntah dan berak-berak.

Jajaran Kesehatan setempat telah mengevakuasi korban, memberikan pelayanan kesehatan di Puskesmas dengan merawat pasien di tenda-tenda yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bima, pemberian Lisol pada muntahan dan kotoran penderita, memberikan penyuluhan pada keluarga pasien yang mengantar/menunggu, menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun, pengambilan sampel air, rectal swab dan spesimen muntahan, melakukan rapat koordinasi dengan hasil kesepakatan, yaitu melakukan penyuluhan di seluruh rumah ibadah, menyampaikan bantuan logistik yang dibutuhkan, menyiapkan air bersih di puskesmas dengan truk tangki untuk pelayanan kesehatan, membangun posko di setiap desa untuk rujukan, dan Dinas Kesehatan Provinsi NTB memberikan bantuan berupa cairan infus RL 1.000 botol, oralit 2.000 sachet, lisol 20 liter, infus set anak 300 buah, infus set dewasa 200 buah, cateter vena 500 buah, obat-obatan, tetra cyclin 500 mg sebanyak 5.000 kapsul dan 250 mg sebanyak 5.000 kapsul dan kaporit 2 galon.

Saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat dan pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait