KLB DIARE DI PAPUA

Share
By July, 29 2008
KLB DIARE DI PAPUA

Pada periode Bulan April hingga Juli 2008 terjadi KLB Diare di Kabupaten Nabire dan Kabupaten Paniai Provinsi Papua.

Pada periode Bulan April hingga Juli 2008 terjadi KLB Diare di 2 kabupaten di Provinsi Papua, yaitu di Lembah Kammu Kabupaten Nabire Distrik Kammu dan Distrik Ikrar serta Kabupaten Paniai Distrik Obano. KLB Diare ini disebabkan oleh budaya duka di daerah pegunungan tengah, yaitu memeluk dan mencium orang yang meninggal, termasuk orang yang meninggal akibat diare.

Selama masa tersebut KLB ini telah menyebabkan korban meninggal dunia sebanyak 87 orang dari 575 kasus di kedua Kabupaten tersebut. Adapun upaya yang telah dilakukan jajaran kesehatan setempat yaitu melakukan investigasi epidemiologi dan surveilans ketat untuk memastikan jumlah kasus dan kematian hingga KLB benar benar selesai, memberikan pelayanan di Puskesmas, melakukan pengambilan sampel dari penderita untuk kepentingan pemeriksaan laboratorium, melakukan pengobatan massal yang dipusatkan di Desa Ekamadina, menempatkan tenaga dokter di Desa Bomomani dan Modio, melakukan koordinasi dengan para kepala distrik, kepolisian, dan LSM yang turut membantu penanganan KLB tersebut, melakukan koordinasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat untuk mengupayakan pembatasan sementara waktu bagi warga setempat yang akan mengunjungi wilayah Nabire terutama ke Distrik Moanemani, dan melakukan penyuluhan kepada seluruh masyarakat.

Saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi dan pemantauan tetap dilakukan oleh Dinkes Kabupaten Nabire, Dinkes Provinsi Papua, dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait