Koordinasi Dalam Penanggulangan COVID-19 di Sulawesi Tengah

Share
By Julianto Prabowo September, 05 2020 Kegiatan Pusat Krisis Kesehatan
Koordinasi Dalam Penanggulangan COVID-19 di Sulawesi Tengah

Pusat Krisis Kesehatan, Kementerian Kesehatan melakukan kegiatan Kooordinasi Dalam Penanggulangan Covid-19 di Provinsi Sulawesi Tengah selama 2 hari (1-2 September 2020). Kepala Pusat Krisis Kesehatan dr. Budi Sylvana, MARS didampingi oleh Kepala Bidang Evaluasi dan Informasi dr. Ira Cyndira Trisna dan 2 orang pejabat fungsional.

Kegiatan di hari pertama (1 September 2020) Tim PKK melakukan  kunjungan ke Dinkes Prov. Sulawesi Tengah dan diterima oleh Plt. Kadinkes Prov. Sulawesi Tengah Ibu dr. Jumriani, Sekdinkes Prov. Sulawesi Tengah Ibu Sakina M. Naser, SE, MT, Kepala UPT Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu (UPT P2KT) Prov. Sulawesi Tengah Ibu Alfina A.Deu, SKM, M.Si dan dan anggota Klaster Kesehatan Prov. Sulawesi Tengah. Tim berdiskusi terkait perkembangan dan penanganan kasus Covid-19 serta penanggulangan krisis kesehatan di Provinsi Sulawesi Tengah. Pada kunjungan tersebut Pusat Krisis Kesehatan menyerahkan logistik untuk Dinkes Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah yaitu perahu karet sebanyak 2 set, rompi kesehatan sebanyak 50 pcs dan masker bedah sebanyak 4.000 pcs.

Kegiatan selanjutnya Tim Pusat Krisis Kesehatan mengunjungi Kantor UPT Pusat Pelayanan Keselamatan Terpadu (UPT P2KT) Prov. Sulawesi Tengah. Tim PKK di terima oleh Kepala UPT P2KT Ibu Alfina A.Deu, SKM, M.Si, Kasubbag TU Ibu Jellyta H.E. Bope , SKM, M.SI, Kasie Kewaspadaan Ibu Erywahyuningtias, SKM, MAP, Kasie Penanganan Krisis Kesehatan dr. Ryzqa, M.Kes dan petugas PSC 119. Pada kesempatan kunjungan Kepala Pusat Krisis memberikan saran dan masukan terkait pengembangan UPT P2PKT dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan penanggulangan krisis kesehatan di Provinsi Sulawesi Tengah.

 

Pada hari kedua (2 September 2020) Tim PKK didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Ibu dr. Jumriani serta Kepala UPT P2PKT Ibu Alfina A.Deu, SKM, M.Si bertemu dengan Asisten I Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah Bapak M. Faizal Mang. Pada kesempatan tersebut Tim membicarkan perihal penanganan Covid-19 dan penanganan krisis kesehatan di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan selanjutnya Tim Pusat Krisis Kesehatan didampingi oleh Sekdinkes Provinsi Sulawesi Tengah Ibu Sakina M. Naser, SE, M dan Kepala UPT P2KT Ibu Alfina A.Deu, SKM, M.Si melakukan kunjungan ke RS. Torabelo. Rombongan di terima oleh Direktur RS Torabelo dr. Graf Richard. Pada kunjungan tersebut tim berdiskusi terkait penanganan krisis kesehatan paska bencana gempa dan likuifaksi khususnya di Kabupaten Sigi.

Rangkaian kegiatan selama 2 hari diakhiri Tim PKK dengan mengunjungi Instalasi Farmasi Dinkes Prov. Sulawesi Tengah. Tim PKK melihat kondisi gedung instalasi farmasi serta melihat ketersediaan logistik dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Sulawesi Tengah seperti APD, masker, rapid test dan  logistik lainnya yang dibutuhkan oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan serta keteersediaan obat - obat yang dibutuh oleh pasien Covid-19.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait