Mitigasi Bencana Dengan Memanfaatkan SIG (System Information Geografis)

Share
By Staff PKK April, 19 2016 Intermezo
Mitigasi Bencana Dengan Memanfaatkan SIG (System Information Geografis)

Saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah semakin berkembang terutama yang berkaitan dengan internet. Dengan penggunaan internet yang sudah meluas, hampir setiap informasi bisa di berikan melalui internet. Selain itu juga banyak orang yang mengubah cara menyebarkan informasi dari cara tradisional menjadi cara modern dengan menggunakan suatu situs sebagai media penyebaran informasi yang lebih praktis, ekonomis dan dapat diakses di manapun secara luas. Hampir saat ini semua sektor sudah memanfaatkan internet sebagai media penyampaian informasinya seperti perbankan, geografis, perindustrian, perdagangan, pariwisata, pendidikan maupun bidang lainnya. hal tersebut karena penggunaan internet yang mudah dan cepat sehingga informasi akan mudah di tangkap oleh masyarkat.

Internet juga di manfaatkan di bidang Geografis. Dengan memanfaatkan internet, Bidang geografis akan semakin mudah dalam menyebarkan informasi letak wilayah suatu negara, kota maupun daerah.  Penyebaran informasi geografis ini dapat berupa data spasial (wilayah) maupun data non spasial berupa informasi yang berhubungan dengan keberadaan wilayah. Di indonesia sendiri merupakan daerah yang rawan bencana, bencana yang sering di hadapi adalah banjir dan juga gempa bumi. Tentu hal ini tidak bisa di sepelekan mengingat dampak dan resiko bencana ini cukup besar. oleh sebab itu penting adanya mitigasi bencana sehingga bisa meminimalisir dampak dari bencana yang terjadi. Saat ini dalam melakukan mitigasi bencana turut memanfaatkan SIG (System Information Geografis)

Mitigasi bencana dengan SIG di rancang berdasarkan Geografi suatu daerah, nantinya objek ini akan mengarah pada spesifikasi lokasi dalam suatu space. Sehingga nantinya akan memberikan gambaran yang representatif dari geografi suatu objek sesuai dengan kenyataannya di bumi. Simbol, warna dan gaya garis digunakan untuk mewakili setiap Geografi yang berbeda pada peta dua dimensi. Sehingga hal ini bisa membantu memberikan titik rawan bencana berdasarkan Geografi dari suatu daerah tertentu. SIG dalam geografi sangat membantu menganalisis data-data geografi. Data yang dimaksudkan adalah data spasial.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait