Modernitas dan Cara Jepang Mengatasi Bencana Bisa Menjadi Pembelajaran Untuk Indonesia

Share
By Webmaster May, 01 2017 Intermezo
Modernitas dan Cara Jepang Mengatasi Bencana Bisa Menjadi Pembelajaran Untuk Indonesia

Sudah sejak lama dikenal Jepang sebagai salah satu negara yang maju dikawasan Asia. Beragam teknologi dan inovasi hadir dari negeri Sakura tersebut. Industrialisasi telah menempatkan Jepang sebagai negara di Asia yang bisa disetarakan dengan negara barat. Ya , hal tersebut bukan tanpa alasan, karena memang banyak inovasi canggih yang hadir disini.

Salah satu faktor keberhasilan industrialisasi di Jepang adalah pengusaaan teknologi tinggi seperti memanfaatkan nuklir menjadi sumber energi. Keterbatasan sumberdaya energi mendorong Jepang untuk mengembangkan teknologi nuklir sehingga mampu menjaga ketersediaan sumber energi yang dibutuhkan untuk pembangunan di sektor industri.

Walaupun masyarakat Jepang sempat mengalami trauma pada bom atom nuklir yang terjadi di Hiroshima dan Nagasaki pada 1945, namun pemerintah Jepang sudah berhasil membangun ctra nuklir sebagai energi yang aman, bersih dan bisa diandalkan untuk masyarakat.

Pembangkit listrik tenaga nuklis (PLTN) pertama dibangun pada 1960an di Tokai, Ibraki Perfecture lalu disusul oleh pembangunan 54 PLTN lainnya di berbagai wilayah di Jepang. Energi nuklir di Jepang telah menyumbang sekitar 30% dari produksi energi yang dihasilkan.

Dilain sisi, walaupun menjadi negara maju. Namun Jepang termasuk daerah yang rawan bencana Gempa dan Tsunami. Tercatat gempa besar pernah terjadi disini dan menimbulkan korban jiwa yang banyak ditambah dengan kerusakan yang besar.

Namun seperti yang kita tahu, Pemerintah Jepang sangat tanggap dalam mengatasi bencana. Selain itu beberapa inovasi teknologi bencana di Jepang juga sudah sangat maju sehingga ini bisa menjadi contoh untuk Indonesia dalam mengatasi bencana.

Sumber : http://psdr.lipi.go.id/publications/policy-papers/item/impact-and-market-economy-in-rrc-6-copy-2

Sumber gambar : kabar24.bisnis.com

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


DATA JUMLAH BENCANA TAHUN INI

SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait