Musim Hujan, Waspadai Bencana Gerakan Tanah

Share
By Staff PKK October, 03 2016 Intermezo
Musim Hujan, Waspadai Bencana Gerakan Tanah

Musim hujan memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Namun dilain sisi, musim hujan juga dapat memberikan malapetaka sebab banyak bencana besar yang ditimbulkan saat musim hujan. Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan bencana banjir, saat musim hujan tiba, bencana banjir sudah erat dengan sebagian masyarakat Indonesia. selain banjir ada juga bencana yang terjadi saat musim hujan seperti Gerakan tanah ( Tanah longsor) dan banjir bandang. bencana gerakan tanah merupakan bencana yang sering terjadi saat musim hujan. Bencana ini bisa menimbulkan kerugian fisik, sosial ekonomi, hingga korban jiwa. Pada dasarnya Pergerakan massa tanah dan batuan bisa terjadi apabila tekanan terhadap massa tanah itu melebihi gaya gesekan oleh lapisan bawahnya.

Fenomena gerakan tanah biasanya terjadi di daerah lereng dan perbukitan. Di Indonesia gerakan tanah sudah sangat melekat dengan faktor ilmiah yang meliputi morfologi permukaan bumi, penggunaan lahan, litologi, struktur geologi, curah hujan, dan kegempaan selain itu Gerakan tanah juga bisa terjadi karena faktor manusia seperti, pembuatan sawah di daerah lereng, pembukaan lahan baru, membuat kolam di atas lereng dan juga aktifitas penebangan pohon sehingga akan menurunkan kestabilan lereng.

Jenis Lereng Yang Rentan Gerakan Tanah

lereng yang tersusun oleh tumpukan tanah gembur dialasi oleh batuan atau tanah yang lebih kompak.

lereng yang tersusun oleh perlapisan batuan yang miring searah kemiringan lereng.

lereng yang tersusun oleh blok-blok batuan. (http://esdm.sulselprov.go.id/)

 

Curah hujan yang tinggi akan memberikan dampak yang signifikan terhadap gerakan tanah terutama di daerah lereng dan perbukitan. Bencana tanah longsor dan banjir bandang merupakan dampak oleh gerakan tanah pada daerah hulu pada tebing sungai. Saat intensitas hujan tinggi sangat diperlukan kewaspadaan terhadap munculnya gerakan tanah. Kewaspadaan terhadap bencana gerakan tanah diperlukan agar dapat menghindari atau meminimalisir dampak yang ditimbulkannya.

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan dan pegunungan sangat perlu meningkatkan kewaspadaan. Sebab bencana ini akan datang secara tiba tiba terutama setelah hujan deras. Sehingga bagi masyarakat yang berada di daerah tersebut perlu memiliki mitigasi bencana untuk mengantisipasi bencana gerakan tanah.

 

Sumber : http://esdm.sulselprov.go.id/index.php/bidang-kerja/bidang-geologi-sumberdaya-mineral/26-geologi-tata-lingkungan/56-waspadai-ancaman-gerakan-tanah-di-musim-hujan

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait