Musim Hujan, Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Share
By Staff PKK October, 21 2016 Intermezo

Indonesia adalah negara yang memiliki tingkat kerentanan bencana sangat tinggi. hal tersebut karena secara geografis, posisi Indonesia berada dilingkaran cincin api dan pertemuan tiga lempeng utama bumi. sehingga hal ini membuat Indonesia Masuk zona mera Rawan Bencana, bencana yang mengancam seperti, Letusan gunung api dan gempa bumi, selain itu Indonesia juga terletak diantara dua benua, yaitu Benua Asia dan Australia, serta terletak di antara dua samudera yaitu Hindia dan Pasifik yang ditandai dengan gejolak cuaca dan iklim yang berubah-ubah berdampak curah hujan tinggi dan badai tropis sehingga rawan mengalami bencana banjir, angin kencang, dan tanah longsor.

dengan hal tersebut membuat Indonesia sangat berpotensi terjadinya alam terutama bencana geologi dan hidrometeorologi. setiap bencana alam yang terjadi memiliki resiko menimbulkan korban jiwa, bencana yang sangat sering terjadi dan beresiko adalah gunung meletus, tsunami, gempa bumi, angin puting beliung dan banjir. Biasanya puncak bencana hidrometeorologi terjadi pada bulan Desember hingga bulan Februari saat Indonesia memasuki puncak musim hujan yang ditunjukkan dengan banyaknya bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi.

saat masuk musim hujan bencana Hidrometeorologi sangat rentan terjadi. selain itu bencana ini juga bisa di picu karena adanya faktor manusia, seperti bencana longsor saat musim hujan bisa terjadi akibat ulah manusia seperti, melakukan penebangan pohon dan juga mengubah fungsi lahan sehingga ancaman longsor sangat tinggi. namun longsor juga bisa terjadi karena faktor alam, longsor karena faktor alam antara lain adanya bekas longsoran lama, bidang diskontinuitas, kemiringan lereng, kondisi tanah, struktur geologi, kondisi batuan, litologi (pelapukan batuan), curah hujan, kandungan pori tanah, pengikisan tanah (erosi), getaran, aktivitas gunung berapi, dan susutnya permukaan air.

saat curah hujan tinggi, bencana Hidrometeorologi menjadi ancaman terutama bencana banjir dan tanah longsor. oleh sebab itu masyarakat yang berada di daerah rawan bencana perlu waspada sebab bencana ini bisa terjadi kapan saja tanpa mengenal waktu. mitigasi bencana dan pencegahan dini terhadap bencana perlu ditingkatkan untuk bisa meminimalisir dampak dan resiko yang ditimbulkan

 

Sumber : http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/153/Waspada-Bencana-Hidrometeorologi-di-Musim-Hujan.html

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait