Pemulihan Pasca Bencana Secara Psikologis

Share
By Staff PKK July, 28 2016 Intermezo
Pemulihan Pasca Bencana Secara Psikologis

Bencana bukan keinginan setiap orang, namun bencana bisa terjadi kapan saja, menimpa siapa saja tanpa bisa di prediksi. dampak dari bencana tersebut bisa memberikan perubahan yang tidak bisa di perkirakan. Jika terjadi bencana di suatu daerah, korban yang selamat tanpa mengalami luka secara fisik, bisa di perkirakan mengalami beban emosianal. Pada dasarnya seseorang yang telah mengalami bencana untuk memiliki reaksi emosional yang kuat. hal ini akan sangat mempengaruhi psikologis untuk korban. Karena kalau tidak di atasi ini akan menjadi trauma yang berkepanjangan. Dan tentu hal ini sangat membahayakan kondisi dari korban bencana tersebut

Setelah terjadinya bencana, Seseorang umumnya akan mengeluarkan Reaksi terkejut, kaget, disorientasi atau tidak mampu untuk mengintegrasikan informasi yang membebankan. Dari sini bisa terlihat, seseorang akan mengalami berbagai macam pemikiran dan juga perubahan prilaku. Oleh sebab itu Pemulihan secara psikolgis bagi korban setelah kejadian bencana sangat penting di lakukan.

Reaksi Umum Yang Terjadi Terhadap Bencana

Timbul Perasaan Yang Sulit Ditebak

Seseorang yang mengalami kejadian bencana akan timbul perasaan cemas, gelisah, dan mengalami beban yang cukup berat atau berduka cita. Seseorang juga dapat mudah marah atau jengkel seperti biasanya.

Perubahan Pola Pikir dan Prilaku

Setelah mengalami bencana, ingatan seseorang akan berulang dan akan terus mengingat kejadian tersebut. Ingatan ini dapat terjadi tanpa sebab dan dapat memicu reaksi fisik seperti detak jantung meningkat atau berkeringat. Dapat terjadi kesulitan berkonsentrasi atau membuat keputusan.

Meningkatnya sensitivitas terhadap faktor lingkungan.

Akan timbul rasa takut berlebih setelah seseorang mengalami suatu kejadian, suara yang keras, suara sirine atau sensasi lingkungan bisa menstimulasikan ingatan mengenai kejadian bencana sehingga akan terus meningkatkan rasa cemas

Akan Timbul Stress

Kondisi kesehatan yang sudah ada sebelum bencana terjadi dapat terpengaruh oleh stress yang dipicu oleh kejadian bencana.

 

Mengatasi Psikologsi Seseorang Pasca Bencana

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membangun kesehatan emosional dan mendapatkan rasa control atas diri sendiri setelah terjadinya bencana, Yaitu sebagai berikut

Beri Kesempatan Untuk Beradaptasi          

masa ini termasuk masa yang cukup sulit dalam hidup bagi seseorang yang mengalami kejadian bencana. ada baiknya memberikan kesempatan bagi mereka untuk berduka dan atas kejadian yang dialami. Tunggu hingga ada perubahan kondisi emosi dari seseorang yang mengalami bencana.

Mencari Dukungan Dari Orang Yang Berempati Terhadap Situasi Ini

Mendapatkan dukungan sosial merupakan suatu kunci dalam pemulihan psikologis seseorang pasca bencana. Keluarga dan teman dapat menjadi sumber yang penting. Dukungan juga dapat ditemukan pada orang-orang yang sudah pernah melalui bencana sebelumnya.

Mendapatkan Bimbingan Psikologis dari Yang Terlatih

Ada beberapa kelompok dukungan untuk penyintas. Diskusi kelompok dapat membantu untuk menyadarkan bahwa penyintas tidak sendirian dalam perasaan yang dialaminya. Pertemuan kelompok support juga dapat menjadi pengganti sumber dukungan bagi orang dengan sistem dukungan personal yang terbatas.

Membuat atau mengatur kembali rutinitas.

Hal ini termasuk makan tepat waktu, pola tidur yang teratur, atau mengikuti program olah raga rutin. Buatlah rutinitas positif supaya semangat menyambutnya di masa-masa yang sulit, seperti melakukan hobby, membaca buku dan lain-lain.

 

 

http://psikologikebencanaan.wg.ugm.ac.id/index.php/policy-brief

 

 

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait