PENINGKATAN KEMAMPUAN SDM DALAM RAPID HEALTH ASSESMENT (RHA)

Share
By June, 03 2008
PENINGKATAN KEMAMPUAN SDM DALAM RAPID HEALTH ASSESMENT (RHA)

dscf1496.jpgdscf1466.jpg

Dalam rangka untuk mengoptimalkan upaya penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana, PPK Depkes berinisiatif menyelenggarakan peningkatan kemampuan SDM dalam melakukan Rapid Health Assesment (RHA) atau Penilaian Cepat Kebutuhan Kesehatan.

Dalam rangka untuk mengoptimalkan upaya penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana, PPK Depkes berinisiatif menyelenggarakan peningkatan kemampuan SDM dalam melakukan Rapid Health Assesment (RHA) atau Penilaian Cepat Kebutuhan Kesehatan. RHA merupakan serangkaian kegiatan pengkajian kesehatan yang dilakukan sesegera mungkin setelah terjadinya bencana dengan tujuan untuk menentukan prioritas tindakan yang perlu dilakukan untuk penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana.

dscf1496.jpgdscf1466.jpg

Kegiatan peningkatan kemampuan SDM dalam RHA ini merupakan lanjutan dari kegiatan yang sama di tahun lalu yang telah dilaksanakan di 12 provinsi. yaitu NAD, Sumut, Sumbar, Jambi, Sumsel, Jatim, Jateng, NTB, Kalsel, Sulsel, Sulteng dan Sulut. Tahun ini diselenggarakan di 5 provinsi lainnya yaitu Lampung, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, DI Yogyakarta dan Kalimantan Barat. Adapun pesertanya berasal dari dinas kesehatan provinsi dan beberapa dinas kesehatan kabupaten/kota serta rumah sakit. Kegiatan berlangsung selama 4 hari di masing-masing provinsi sesuai jadwal yaitu antara tanggal 26 Mei hingga 13 Juni 2008.

Metode penyampaiannya dilakukan melalui presentasi, diskusi serta simulasi kasus. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini para peserta dapat meningkat kemampuannya dalam melakukan initial assesment dan need assesment serta dapat mengaplikasikannya dalam melakukan RHA pada saat terjadi bencana di daerah masing-masing.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait