Perkembangan Banjir Bandang di Kab. Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat

Share
By October, 05 2010
Perkembangan Banjir Bandang di Kab. Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat

Perkembangan permasalahan kesehatan akibat bencana banjir bandang di Distrik Wassior, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat.

Perkembangan permasalahan kesehatan akibat bencana banjir bandang di Distrik Wassior, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Wondama, Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat dan PPK Sub Regional Papua pada tanggal 5 Oktober 2010 sampai pukul 10.00 WIB.


Pada tanggal 4 Oktober 2010 pukul 08.30 WIT telah terjadi bencana banjir bandang di Distrik Wassior, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat. Akibatnya sarana jalan dan listrik terputus serta fasilitas kesehatan mengalami kerusakan yaitu Puskesmas Distrik Wassior (rusak berat), mess dokter dan perawat, rumah dinas dokter dan perawat dan rumah dinas Dinkes Kab. Teluk Wondama.

Sampai saat ini korban meninggal dunia sebanyak 29 orang (1 orang diantaranya adalah petugas di Dinkes Kab. Teluk Wondama). Korban luka yang dirujuk sebanyak 60 orang (7 orang dirujuk ke RSUD Kab. Manokwari, 52 orang dirujuk ke RSUD Kab. Nabire dan 1 orang dirujuk ke rumah sakit di Makassar)*).

Jajaran kesehatan setempat telah mengevakuasi korban, memberikan pelayanan kesehatan serta melakukan pemantauaan di lokasi bencana. Saat ini PPK Sub Regional Papua memobilisasi tenaga kesehatan sebanyak 12 orang dari RSUD Kab. Manokwari (3 di antaranya yaitu 2 dokter dan 1 perawat telah berada di lokasi) dan 8 orang dari RSUD Kab. Nabire.

PPK Kemenkes pada tanggal 5 Oktober 2010 akan mengirimkan tim kesehatan (PPK 3 orang, Binkesmas 2 orang, P2PL 2 orang), kantong mayat sebanyak 100 buah, obat paket banjir sebanyak 1 ton dan MP Asi sebanyak 1 ton. PPK Regional Makassar akan mengirimkan orthopedic set *)

KKP Manokwari telah mengirimkan 4 petugas kesehatan (1 orang dokter, 1 orang perawat, 1 orang sanitarian, 1 orang logistik), tenda, obat-obatan dan perlengkapan kesehatan. *)

Dinkes Kab Nabire telah mengirimkan 8 petugas kesehatan yang terdiri dari 4 orang dokter dan 4 orang perawat, serta telah menyiapkan rumah sakit sebagairumah sakit rujukan. *)

Dinkes Kab. Manokwari telah mengirimkan 10 petugas kesehatan (3 orang dokter dan 7 orang perawat)

Saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat dan pemantauan tetap dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Wondama, Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat, PPK Sub Regional Papua dan Pusat Penanggulangan Krisis Kementerian Kesehatan.

Keterangan : *) Informasi terbaru

Foto : www.tvone.co.id

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait