PERTEMUAN EVALUASI PELAKSANAAN PELATIHAN ITC-DRR KE-2 DAN KE-3

Share
By March, 30 2009
PERTEMUAN EVALUASI PELAKSANAAN PELATIHAN ITC-DRR KE-2 DAN KE-3

Pada tanggal 23-24 Maret 2009, Depkes dan WHO menyelenggarakan pertemuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pelatihan International Training Consortium on Disaster Risk Reduction (ITC-DRR) ke-2 dan ke-3.

Pada tanggal 23-24 Maret 2009, Depkes dan WHO menyelenggarakan pertemuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pelatihan International Training Consortium on Disaster Risk Reduction (ITC-DRR) ke-2 dan ke-3. Pertemuan tersebut dilaksanakan di kota Makassar dan dihadiri oleh 51 peserta yang berasal dari berbagai instansi yaitu BNPB, Departemen Kesehatan, WHO, PPK regional, PPK Sub regional, RS Adam Malik Medan, RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Universitas Negeri di PPK regional, 118, WSSI, BMKG dan ITB.

ITC-DRR merupakan konsorsium yang terdiri dari Universitas, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Pendidikan yang terdapat di wilayahnya masing-masing, di mana Departemen Kesehatan dan WHO menjadi koordinator serta fasilitator di tingkat pusat. Rencananya ITC-DRR akan didirikan di 9 PPK Regional. Tujuan konsorsium tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan skill melalui beberapa tingkat pendidikan dari non gelar hingga master diploma untuk mendapatkan tenaga berkapasitas internasional yang mampu memanajemen kegiatan-kegitan pra-bencana dalam rangka pengurangan risiko bencana (Disaster Risk Reduction). Pelatihan Internasional ITC-DRR untuk profesional telah diselenggarakan sebanyak 3 kali yaitu di Makassar, Yogyakarta dan yang ke-3 dilaksanakan di 2 tempat yaitu Surabaya dan Denpasar.

Pertemuan evaluasi ini dilakukan dengan metode paparan dan diskusi. Bahan yang dievaluasi adalah pelaksanaan Pelatihan Internasional Kedaruratan dan Bencana ITC-DRR ke-2 di Yogyakarta yang menspesialisasikan dalam Rencana Kontinjensi dan Riset Operasional serta yang ke-3 di Surabaya dan Denpasar yang menspesialisasikan dalam Biologi, Kimia dan Radiasi. Outputnya didapat berbagai rekomendasi antara lain penyusunan standard kurikulum, penyeleksian peserta yang lebih spesifik lagi, perbaikan/peningkatan metode pelatihan, perlunya penyesuaian kegiatan penanganan bencana dengan demogafi, kultur serta kemampuan setempat dan sebagainya. Rekomendasi ini akan dipergunakan sebagai bahan masukan pelaksanaan ITC DRR mendatang yang rencananya akan diadakan di Kota Jakarta (akhir Juli atau awal Agustus 2009) serta di Kota Medan (awal November 2009).

Selain mengevaluasi pelaksanan pelatihan internasional, pertemuan selama 2 hari di Makassar ini juga membahas mengenai rencana untuk memperkuat sistem kesehatan melalui PPK Regional berkaitan dengan kontrol pandemi serta rencana untuk meningkatkan jejaring internasional.

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait