Pertolongan Pertama Menghadapi Kejadian Luar Biasa (KLB) Keracunan Makanan

Share
By Staff PKK June, 07 2016 Intermezo
Pertolongan Pertama Menghadapi Kejadian Luar Biasa (KLB) Keracunan Makanan

Kejadian Luar Biasa (KLB)adalah timbulnya atau meningkatnya kejadian kesakitan atau kematian yang bermakna secara epidemiologis pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu. KLB sering di definisikan sebagai mewabahnya penyakit menular yang sebelumnya tidak pernah di kenal dan juga adanya peningkatan kejadian penyakit secara terus menerus. Bencana keracunan di golongkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya keracunan.

Umumnya Kejadian Luar Biasa (KLB) sering terjadi akibat keracunan makanan yang menimbulkan korban lebih dari satu. Keracunan makanan merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan konsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, virus, parasit, bahan kimia, dan jamur tertentu. KLB keracunan makanan biasanya di tandai dengan gejala seperti, mual mual, pusing, hingga muntah. Bahkan KLB Keracunan bisa menimbulkan korban jiwa.

Pertolongan Pertama Pada Keracunan Makanan

  • Jika kita melihat teman atau saudara kita terkena keracunan makanan yang di ikuti oleh gejala, Diare, pusing, mual hingga muntah. Ada baiknya tempat kan dulu di tempat nyaman Setelah itu bantu penderita agar bisa berbaring dengan posisi sejajar.
  • Jika masih mual hingga muntah, berikan cairan pengganti sementara seperti, air putih, oralit atau air kelapa untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.
  • Berikan tablet karbon aktif untuk menyerap racun di dalam saluran pencernaan yang diminum dengan air putih.
  • Jika masih belum ada perubahan, ada baiknya kita bawa ke rumah sakit untuk di beri penanganan lebih lanjut. Karena jika terlambat di bawa ke rumah sakit di khawatirkan akan semakin memperparah kondisi korban keracunan tersebut

 

 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait