PULUHAN ORANG MENJADI KORBAN KERACUNAN MAKANAN DI KABUPATEN SUBANG

Share
By August, 13 2007
PULUHAN ORANG MENJADI KORBAN KERACUNAN MAKANAN DI KABUPATEN SUBANG

Pada hari Rabu dan Kamis tanggal 8 dan 9 Agustus lalu, tidak kurang dari 51 warga Kampung Cipancuh Desa Padaasih Kecamatan Cibogo menderita gejala mual, muntah, pusing, pegal-pegal, panas dan diare. 28 orang di antaranya terpaksa harus menjalani rawat inap di Puskesmas Cibogo dan 1 orang dirujuk ke RSUD Subang.  Sedangkan penderita lainnya cukup menjalani rawat jalan di Puskesmas Cibogo.

Melihat gejalanya muncul pada waktu yang hampir bersamaan dan jumlah penderitanya yang cukup banyak, diduga kuat kalau gejala tersebut bukanlah gangguan pencernaan biasa.  Karena itu jajaran kesehatan setempat melakukan investigasi di lapangan dengan kesimpulan sementara bahwa puluhan warga tersebut mengalami keracunan makanan akibat mengkonsumsi nasi uduk yang disajikan pada acara panen sawah salah seorang warga.  Makanan tersebut mereka konsumsi kurang lebih 11 jam sebelum gejala–gejala penyakit muncul.   Untuk membuktikan dugaan tersebut, saat ini sampel muntahan dan kotoran tengah diperiksa di laboratorium di BLK Bandung.    

Untuk mencegah terulangnya kembali kejadian tersebut, jajaran kesehatan setempat juga melakukan kegiatan kaporisasi pada sumber air bersih, penyemprotan lalat serta penyuluhan tentang PHBS dan kesehatan lingkungan pada warga masyarakat. 

 

INFO BENCANA/KRISIS KESEHATAN
Pilih Provinsi



DATA KESIAPSIAGAAN


SOSIAL MEDIA + APPS
Link Terkait